Mitos atau Fakta: Banyak orang yang mulai memakai skincare tapi belum paham basic skincare dan double cleansing?

Tidak dipungkiri saat ini banyak orang yang mulai menggunakan produk kecantikan untuk merawat kulitnya. Namun, sebenarnya banyak orang yang menggunakan skincare ini tidak memiliki pengetahuan dan hanya menggunakan skincare karena trend saat ini.

Basic skincare adalah rangkaian skincare sederhana yang mendasar untuk kebutuhan kulit. Rangkaiannya terdiri dari cleanser, toner, moisturizer (pelembab), dan protection (sunscreen) atau biasa disingkat CTMP.

Double cleansing adalah kegiatan membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan menggunakan bahan yang berbeda. Tahap pertama adalah dengan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar seperti minyak ( cleansing oil ), susu ( milk cleanser ), dan air ( micellar water ) untuk membersihkan wajah dari makeup . Hal ini bertujuan menghindari adanya penyumbatan pada pori-pori wajah di lapisan pertama kulit kamu karena makeup yang kamu pakai seharian.

Apakah benar bahwa banyak orang yang mulai memakai skincare tetapi belum paham mengenai apa itu basic skincare dan double cleansing?

1 Like

menurut aku banyak, karena aku termasuk salah satu yang melewatkan penggunaan moisturizer karena menganggap kulitku berminyak dan sudah cukup lembab. tapi, ternyata hal tersebut salah. Penggunaan moisturizer pada kulit berminyak sangat bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih diwajah!

selain itu banyak juga dari orang disekitar aku yang menggunakan skinccare kurang sesuai dengan kebutuhan kulitnya atau pengennya instant jadi memilih kandungan yang keras dengan pikiran “pasti lebih cepat bekerjanya”. Kenyataannya adalah skincare dengan kandungan yang keras tidak boleh digunakan dengan sembarangan dan proses layering dengan skincare lainnya juga harus diperhatikan. misalnya:

Sumber gambar

Picky Guide: Steps for Buying Skincare - Picky Skincare Blog

karena apabila sembarangan dalam melakukan proses layering bisa menimbulkan masalah kulit seperti iritasi dan munculnya jerawat baru. jadi menurut aku hal tersebut FAKTA, semoga kedepannya semakin banyak masyarakat yang teredukasi terkait hal tersebut sehingga berubah menjadi mitos. karena dengan perkembangan teknologi saat ini, kita bisa belajar tentang skincare secara gratis dari seorang expert bahkan melalui blog maupun streaming youtube dan unggahan akun instagram.

mungkin banyak yang paham cuma tidak over budget buat kecantikan

aku tipe yang kalo ngga kemana-mana alias rebahan aja cukup facial wash dan masker, tapi kalo ada rencana liburan atau setelah liburan itu biasanya aku fokus ke wajah untuk mengembalikan tekstur tipe kulit aja.

Menurutku fakta sih karena menurut apa yang saya amati di sekitar lingkungan saya memang cukup banyak yaa yang mulai memakai skincare tapi belum tahu basic dan double celansingnya. Namun, banyak yang tak sadar bahwa penggunakan rangkaian skincare dengan urutan yang salah dan tidak sesuai dengan kebutuhan jenis kulit justru akan menimbulkan masalah baru. Seperti hanya menggunakan facial foam tanpa menggunakan toner, moisturizer, sunscreen, dan tahap-tahap lainnya. Padahal, penggunaan tahapan skincare sangat penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat. Jika menggunakan facial foam saja tanpa tahap skincare lainnya akan membuat kulit menjadi kering, kusam, timbul jerawat, dan masalah-masalah kulit lainnya.

Bisa jadi? Dan mungkin memang banyak juga? Rasanya tidak perlu jauh-jauh sampai ke basic skincare, cukup bicara soal double cleansing saja biasanya masih banyak yang kaget kalau meskipun seharian kita tidak pakai makeup, double cleansing masih harus dijalankan. Kita tidak pernah tahu apa saja yang menempel pada wajah kita. Contoh pribadi, aku beberapa kali mengalami wajah yang lumayan kotor waktu di-double cleanse padahal seharian di rumah dan hanya pakai skincare, alias wajah tidak tersentuh makeup satu pun. Itu menandakan kalau kotoran bisa datang dari mana saja–debu dan lain-lain. Kalau kita bersih-bersih rumah, apakah kalian pikir debu-debu berpartikel kecil itu tidak menempel pada wajah? Plus, pentingnya double cleansing adalah dapat meningkatkan kinerja tahapan skincare lain setelahnya. Kalau wajah masih kotor tapi tetap ditimpa skincare lain, bisa jadi tidak efektif. Sayang uangnya, dong?