Misteri Tugu Kuno Mesir yang tidak pernah terselesaikan

image

Tambang granit yang terletak di Aswan, Nile, merupakan salah satu sumber batu-batuan kualitas terbaik untuk bahan dasar kuil, patung, serta monumen di Mesir Kuno. Tugu Cleopatra’s Needle yang terletak di London, termasuk juga beberapa bangunan Piramid di Khufu, Khafre, dan Giza dibangun menggunakan batu hasil alam dari Aswan.

Di daerah utara Aswan, terdapat sebuah tugu yang belum selesai dibuat. Konon tugu tersebut dimaksudkan untuk menjadi tugu tertinggi dan terbesar yang berdiri di area Mesir Kuno. Namun sayangnya, tugu ini tidak pernah berhasil diselesaikan hingga sekarang. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai tugu ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, ketika tugu yang belum terselesaikan tersebut diukir, banyak retakan yang bermunculan sehingga menghentikan proses pembangunan dengan alasan takut akan menghancurkannya secara keseluruhan. Karena para pengukir membuat tugu tersebut langsung dari batuan dasar, kini tugu tersebut masih dapat ditemukan di lokasi yang sama sejak 3.500 tahun yang lalu, dengan bagian bawahnya yang masih menancap pada batuan dasar.

Pembangunan tugu juga dipercaya terhenti ketika masa kepemimpinan Ratu Hatshepsut pada abad ke-15 SM berjalan. Konon Tugu ini awalnya dibangun untuk melengkapi Tugu Lateran yang sebelumnya sudah berada di Kuil Karnak di Mesir, yang kemudian dipindahkan ke Roma. Apabila berhasil diselesaikan, kuil ini diperkirakan memiliki tinggi sekitar 137 kaki dan menjadi tugu terberat yang dibangun pada masa Mesir Kuno. Keren ya…

Referensi: https://travel.dream.co.id