Misteri the portrait of isabella d'este

Dibuat oleh Tiziano Vecelli pada tahun 1536. Banyak orang yang menyebutkan terdapat misteri dari lukisan tersebut. Ada apa dengan the portrait of isabella d’este?

sebenarnya saya cukup bingung ada beberapa sumber yang bilang bahwa lukisan tersebut merupakan salah satu lukisan milik Leonardo Da Vinci. namun ada yang bilang lukisan tersebut miliki Tiziano Vecelli. jika menurut sumber yang membahas bahwa lukisan tersebut milik Leonardo Da Vinci, berikut beberapa cerita misterinya.

Lukisan Leonardo da Vinci yang hilang selama 500 tahun kabarnya ditemukan di sebuah brankas milik sebuah keluarga asal Italia di Swiss. Lukisan potret Isabella d’Este itu sempat diragukan keberadaannya dan dianggap mitos oleh banyak ahli sejarah dunia.
Seperti dilansir The Guardian, Jum’at (4/10/2013), para peneliti di Italia mengklaim telah menemukan potret wanita bangsawan tersebut di antara 400 lukisan koleksi pribadi sebuah keluarga yang tidak ingin disebut identitasnya. Lukisan ini memiliki senyum yang misterius seperti Mona Lisa. Dalam lukisan itu terdapat jejak waktu menggunakan bahan karbon. Tertulis bahwa lukisan dibuat pada abad ke-16 sebelum masehi dan telah diverifikasi oleh otoritas terkemuka di Swiss. “Tidak ada keraguan bahwa potret lukisan itu adalah milik Leonardo (da Vinci),” kata Carlo Pedretti, seorang profesor sejarah dari University of California. Lukisan berukuran 61 cm X 46,5 cm ini dilukis oleh Leonardo memakai teknik yang sama seperti ia melukis Mona Lisa. Diyakini, merupakan versi lengkap dari sketsa d’Este yang dipajang di Museum Louvre, Paris. Profesor Pedretti mengatakan bahwa dirinya yakin Leonardo melukis bagian wajah Isabella d’ Este, sementara dua asistennya bertanggung jawab pada bagian yang lain. Dalam sebuah sejarah, Leonardo pertama kali bertemu d’Este pada 1499 ketika ia tinggal di Mantua. d’Este merupakan salah satu wanita pecinta seni dan tokoh terkemuka pada masa renaisans di Italia. Dia pernah meminta agar sketsa wajahnya diubah menjadi lukisan.

berikut pembahasannya