Misteri SMAN 1 Yogyakarta

SMA Negeri 1 Yogyakarta merupakan salah satu SMA favorit di Yogyakarta yang sering disebut juga dengan nama SMA Teladan. SMA ini memiliki beberapa cerita urband legend yang beredar dari tahun ke tahun di kalangan siswanya. Urband legend ini bernama Mbak Yayuk. Konon, Mbak Yayuk ini adalah siswa Teladan yang tidak diketahui angkatan berapa. Karena hamil di luar nikah, Mbak Yayuk memutuskan untuk bunuh diri. Dia meninggal dengan cara gantung diri di salah satu ruangan yang digunakan sebagai gudang di lantai 3 SMA 1 Yogyakart. Sampai sekarang, salah satu ruangan di lantai 3 itu tidak digunakan lagi. Bagaimana menurut kalian? Pernahkah mendengar kisahnya?

menurut sumber yang saya baca, Sekolah ini masuk dalam jajaran sekolah elit di Kota Yogyakarta yang memiliki banyak prestasi. SMA Negeri 1 Yogyakarta ini juga sering disebut dengan nama SMA Teladan, walau begitu tidak lepas dari kisah horor. Dan sama seperti sekolah horor lainnya, SMA ini juga menggunakan bangunan lama.

Salah satu cerita yang berderar adalah tentang Mbak Yayuk, yang diduga dulunya salah satu siswa sekolah ini. Karena hamil di luar nikah, Mbak Yayuk memutuskan bunuh diri dengan cara gantung diri di salah satu raungan lantai 3 SMA N 1 ini. Menurut cerita Mbak Yayuk sering terlihat memainkan lagu Fur Elise di piano tua ruangan OSIS. Namun cerita lain mengisahkan kalau memainkan lagu Fur Elise ini bakal memanggil Mbak Yayuk. Mana yang benar, tidak ada yang tahu.

Cerita mistis sekolah ini tidak hanya Mbak Yayuk saja, namun ada kisah misteri mengenai gedungnya. Menurut masyarakat, gedung sekolah ini adalah Gedung Kembar, yang satu digunakan sekolah yang satunya digunakan Jogja National Museum (JNM). Dari cerita orang-orang, dulunya gedung JNM ini mau dibeli sekolah namun tidak mendapatkan ijin, karena berhantu.