Misteri Senjata Kuno Inggris, Pedang Excalibur

Selamat malam dictioners, kali ini aku mau membahas salah satu senjata kuno dari Inggris, yaitu pedang excalibur. Pedang satu ini berasal dari negeri ratu Elizabeth. Diceritakan senjata terampuh tanpa meninggalkan luka tersebut tertancap di atas batu dan siapapun belum bisa mencabutnya. Saking lamanya, pedang tersebut pun mulai dimakan korosi. Meskipun demikian, siapapun yang mampu mencabut pedang Excalibur, Excalibor, atau Caliburn, kelak ia akan menjadi seorang raja Inggris. Benar saja, pemuda bernama Arthur mampu mencabutnya. Menurut berbagai sumber, Arthur muda adalah keturunan raja yang telah menancapkan pedang tersebut. Bagaimana menurut kalian?

menurut sumber yang saya baca, Dalam legenda dikisahkan kalau siapapun yang mampu mencabut pedang excalibur yang tertancap pada batu kelak akan menjadi Raja Inggris. Dan ternyata Arthur yang mampu mencabut pedang legendaris yang juga dikenal dengan nama caliburn tersebut.

Walaupun legenda Arthur merupakan cerita rakyat belaka, ternyata pedang excalibur benar-benar ada. Hanya saja pedang tersebut tidak ditemukan di Inggris, melainkan di Italia. Di dalam sebuah kapel di Monte Siepi, Italia ada sebuah pedang kuno yang tertanam di dalam batu. Pedang itu diyakini sebagai senjata milik San Galgano, seorang kesatria dari Tuscany yang hidup pada abad 13. Galgano yang bernama asli Galgano Guidotti tadinya adalah kesatria bengis yang sudah membunuh begitu banyak nyawa. Dia menghabisi nyawa musuh-musuhnya dengan pedang tersebut. Suatu ketika ia didatangi Malaikat Michael dan diminta untuk meninggalkan cara hidupnya yang penuh dosa. Galgano menegaskan bahwa melakukan hal itu sama sulitnya dengan menancapkan pedang ke batu.

Kemudian untuk membuktikan perkataannya itu Galgano mencoba menancapkan pedangnya ke sebuah batu di dekatnya. Tak disangka pedang tersebut tertancap di dalam batu begitu mudahnya. Kemudian Galgano pun memutuskan untuk bertobat dan meninggalkan pedangnya yang masih tertancap di dalam batu hingga sekarang.