Misteri Sedlec Ossuary Republik Ceko

Pagi dictioners, kali ini caca mau membahas salah satu gereja yang menyimpan kisah menyeramkan di Republik Ceko, yaitu Sedlec Ossuary. Di berbagai belahan dunia, terdapat gereja-gereja bernuansa mistis dan agak menyeramkan, salah satunya adalah gereja di Republik Ceko bernama Sedlec Ossuary. Gereja yang dibangun pada tahun 1142 ini memakai tulang belulang manusia yang telah meninggal untuk desain interiornya. Gereja Katolik Roma ini juga populer disebut dengan gereja tulang. Tujuan dari penggunaan tulang ini adalah sebagai pengingat bahwa semua orang akan mati. Sedlec Ossuary awalnya adalah sebuah biara Cistercian. Pada 1278, Raja Bohemia mengirimkan kepala biara ke “Holy Lands”. Ketika ia kembali, ia membawa tanah dari Yerusalem dan menyebarkannya ke seluruh area makam Sedlec.

Karena itu semua orang ingin dimakamkan di pemakaman Sedlec ketika meninggal nanti. Akibatnya, pemakaman Sedlec kekurangan ruang untuk menguburkan orang yang sudah meninggal. Akhirnya mereka memutuskan untuk menggali dan mengumpulkan tulang belulang tersebut ke ruang bawah biara. Saat itulah, mulai tahun 1870 gereja tersebut mulai dikenal dengan sebuat gereja tulang. Bagaimana menurut kalian? Apakah ada yang pernah mendengar kisahnya?

menurut sumber yang saya baca, Keluarga Schwarzenberg mengambil alih kepengurusan gereja. Ia mempunyai ide memanfaatkan tulang-tulang tersebut untuk mempercantik ruangan. Lalu tulang-tulang tersebut dibersihkan, disusun dan dipilah-pilah berdasarkan warnanya. Setelah mereka siap, pekerjaan besar dimulai. Dari tulang-tulang tersebut dicipta sebuah lampu besar, lambang negara untuk Schwarzenbergs dan bentuk bentuk unik lain yang terbuat dari 40 ribu sampai 70 ribu tulang.

Sayang gereja ini kini mengalami nasib yang mengenaskan. Perlahan-lahan-lahan gereja ini rusak karena kurang perawatan. Sebentar lagi akan runtuh jika tidak ada yang menyelamatkan. Yang lebih tragis, tulang-belulang yang telah menjadi karya seni yang indah ini juga akan binasa.