MIsteri Rumah Tjong A Fie

Hai teman-teman, kali ini aku mau bahas tentang salah rumah salah satu tokoh yang terkenal di Medan nih, yaitu Tjong A Fie. Tjong A Fie adalah seorang pengusaha, bankir dan kapitan yang berasal dari Tiongkok dan sukses membangun bisnis besar dalam bidang perkebunan di Sumatera, Indonesia. Tjong A Fie membangun bisnis besar yang memiliki lebih dari 10.000 orang karyawan. Karena kesuksesannya tersebut, Tjong A Fie dekat dengan para kaum terpandang di Medan, di antaranya Sultan Deli, Ma’moen Al Rasyid serta pejabat-pejabat kolonial Belanda. Sebagai tokoh yang sangat disegani di Medan, rumah Tjong A Fie menjadi salah satu tempat bersejarah di tanah Medan, namun benar kah rumah Tjong A Fie menyimpan misteri tersendiri? dan beberapa waktu lalu juga sempat muncul film karya Trans7 mengenari rumah Tjong A Fie dan ternyata menuai kontroversi

Menurut artikel yang saya baca, memang sosk Tjong A Fie merupakan tokoh multikulturalisme karena jasa-jasanya dalam usaha kerukunan pada masa membangun Kota Medan dan sekitarnya. dari media online http://medan.tribunnews.com/, salah satu cicit sosok Tjong A Fie menjelaskan, Begitu banyak kontribusi nyata yang diberikan beliau dalam kerukunan masyarakat dan pembangunan kota Medan. Di matanya beliau adalah leluhur yang memberikan salah satu contoh terbaik dalam hidup bermasyarakat di negeri tercinta Indonesia.

Menurutnya Tjong A Fie Mansion merupakan rumah, tempat berkumpul, berdoa dan bersyukur bagi kami para keturunannya. Rumah kediaman yg terletak di daerah kesawan medan ini juga adalah sebuah Cagar Budaya Nasional yg kini difungsikan jg sebagai sebuah museum yang merepresentasikan sejarah dan kebudayaan Cina-Indonesia yang ada di kota medan, sebuah warisan budaya adiluhung yang harus dilestarikan. Jadi film karya stasiun tv tersebut menuai kontroversi seolah olah menggambarkan rumah Tjong A Fie merupakan rumah berhantu, padahal tidak sama sekali.