Misteri lenyapnya peradaban Kerajaan Khmer

image

Kerajaan Khmer adalah salah satu kerajaan yang paling kuat di Asia Tenggara yang terletak di ibukota Kamboja. Ia ada sekitar di abad ke-9 M yang tumbuh dari Kerajaan Chanla. Angkor dikenal sebagai pembangun peradaban kerajaan ini. Budaya Khmer dimana terdapat beberapa kepercayaan disana yaitu Hindu, Buddha Mahayana dan Theravada, sebagai agama resmi kekaisaran. Mereka juga dikenal mempunyai kekuasaan militer yang kuat karena mereka banyak berperang melawan Annamese dan Chams. Lalu apa yang menyebabkan lenyapnya peradaban ini?

Lenyapnya kerajaan ini terjadi karena beberapa faktor yaitu yang pertama adalah karena kerajaan itu diperintah oleh raja devarajo atau dewa, namun dengan pengenalan Buddhisme Theravada, yang mengajarkan pencerahan diri, membuat pemerintahan tertantang sehingga menyebabkan kurangnya keinginan mereka untuk bekerja bagi devarajo dan berpengaruh pada jumlah makanan yang diproduksinya. Selain itu, selama masa pemerintahan Jayavarman VII, dibangunlah sebuah jaringan jalan yang rumit untuk memudahkan transportasi barang dan pasukan di seluruh Kekaisaran.
Tetapi beberapa ahli percaya bahwa jalan tersebut menjadi bumerang bagi mereka, sehingga memudahkan penjajah seperti Ayuthaya untuk mendapatkan akses langsung Menyerang Angkor.

baca artikel