Misteri Kuburan Yahudi Tua di Praha

Pagi teman teman, kali ini aku mau bahas salah satu makam terangker di Republik Ceko, Praha, Yaitu Kuburan yahudi tua yang ada disana. Pemakaman tua Yahudi ini berada di Josefoy dimana sebagian penduduk Yahudi yang tinggal di Republik Crezh dimakamkan. Lahan tersebut telah dipakai dari awal abad ke-15, lebih tepatnya dari tahun 1439 sampai 1787. Jumlah batu nisan dan jasad yang telah dikuburkan disana sudah tidak bisa dihitung secara tepat. Karena bentuk pemakaman sudah bertumpuk-tumpuk tidak beraturan.

Diperkirakan ada lebih dari 12 ribu batu nisan yang terlihat dan hampir 100 ribu jasad yang telah dikubur dilahan tersebut. Jangan tanya tentang kisah hantu dari tempat ini, pemakaman tua Yahudi banyak membuat penduduk merinding dengan banyak penampakan. Desas-desus yang beredar pemakaman ini turut dipakai sebagai tempat ritual pada jaman dahulu. Jadi tidak heran kalau memang sangat berhantu. Bagaimana menurut kalian? Apa ada yang pernah mendengar kisahnya?

ya memang kuburan tentu menjadi tempat yang menyimpan banyak hal mistis, bahkan jika dilihat lihat kuburan tua tentu menyimpang banyak kisah masa lalu yang mengerikan, bisa saja kuburan tersebut adalah kuburan para korban perang atau kejahan, tapi entahlah mungkin jika ada yang lebih mengetahui tentang kuburan tersebut akan menarik untuk dibahas