Misteri Kraken, Sang Penguasa Lautan

download (2)

Kita pasti pernah mendengar tentang Kraken bukan? Monster lautan yang sangat ditakuti oleh para pelaut di luar sana. Kraken sendiri adalah seekor monster yang digambarkan sebagai makhluk raksasa yang berdiam di lautan wilayah Islandia dan Norwegia. Makhluk ini disebut sering menyerang kapal yang lewat dengan cara menggulungnya dengan tentakel raksasanya dan menariknya ke bawah.

Sejak lama, makhluk ini hanya dianggap sebagai bagian dari Mitologi kuno yang setara dengan sebuah dongeng. Namun ketika sisa-sisa bangkai monster ini terdampar di pantai Albaek, Denmark, Pada tahun 1853, para ilmuwan mulai menyadari kalau legenda mengenai Kraken mungkin memang berdasarkan pada sesuatu yang nyata, yaitu cumi-cumi raksasa (Giant Squid), cumi-cumi kolosal (Colossal Squid) atau Gurita raksasa (Giant Octopus).

220px-Colossal_octopus_by_Pierre_Denys_de_Montfort

Menurut sebuah sumber, Kraken memiliki ukuran sebesar sebuah pulau yang terapung dan memiliki tentakel seperti bintang laut. Kraken juga bisa menggulung kapal yang lewat dengan tentakelnya dan menariknya ke dasar lautan. Menariknya, beberapa sumber juga mengatakan bahwa ikan-ikan di laut suka berada di dekat Kraken. Karena itu juga, para nelayan Norwegia yang mengetahui hal ini suka mengambil risiko untuk menangkap ikan dengan membawa kapalnya hingga berada tepat di atas Kraken. Cukup mengerikan bukan?

Kraken, mengejutkannya ditemukan seekor cumi raksasa berikuran 14 meter yang dianggap adalah Kraken di dunia nyata. Fakta lain adalah diujung tentakelnya terdapat semacam taring tajam, yang membuktikan bahwa kraken bukannlah mitos semata.

referensi