Misteri Kerajaan Ular di Bawah Kota Semarang

Hai teman teman, untuk misteri kali ini aku mau bahas di daerah ibu kota Jawa Tengah nih, yap Semarang. di tahun 2016 kemarin sempat ramai diberitakan munculnya puluhan ekor ular piton berbagai jenis di perkampungan pusat kota Semarang memunculkan berbagai spekulasi. Salah satunya isu kerajaan ular di bawah kota. mengerikan ya jika memang benar benar ada, menurut kalian gimana nih? sebenarnya ada ga sih kerajaan ular disana?

Cukup mengerikan ya jika memang benar benar ada, namun dari sumber yang kubaca dari halaman web www.liputan6.com. Sebagian masyarakat mengaku pernah mendengar adanya terowongan drainase buatan Belanda yang menghubungkan Lawangsewu - SMAN 1 Semarang - Benteng Pendem. Drainase itulah yang dicurigai sebagai kerajaan ular. Ketika tempat mereka penuh, ular-ular itu keluar mencari habitat baru. Tetapi sejarawan Kota Semarang Jongkie Tio menampik dugaan tersebut. Menurut dia, lorong bawah tanah itu belum tentu saluran drainase karena hingga kini belum pernah ditemukan lorong yang saling berhubungan itu. “Itu semacam mitos saja barangkali. Namun kalau ada yang meyakini ya monggo, yang pasti bukti keberadaan lorong itu tak ditemukan,” kata Jongkie Tio.

Jongkie mengisahkan pengalaman masa kecilnya tinggal di kawasan seputar Simpang Lima. Menurut dia, saat hujan yang menyebabkan banjir, banyak ular berkeliaran. Namun, ia tak menyebutkan hal itu disebabkan karena adanya drainase. Jongkie justru menyalahkan dataran rendah dan ketiadaan drainase yang justru menyebabkan banjir selalu terjadi di kawasan Simpang Lima. Penanganan serius terhadap banjir di kawasan itu baru dimulai pasca-Orde Baru, yakni saat dipimpin Wali Kota Semarang Sukawi Sutarip. “Sebelumnya memang ada pembuatan saluran tambahan, yakni di Kampung Kali,” kata Jongki Tio.