Misteri Kematian Gajahmada

Asal usul Patih Majapahit Gajah Mada masih menjadi misteri hingga saat ini. Bahkan kematian tokoh ini yang terkenal dengan sumpah Palapa nya ini masih simpang siur. Ada yang mengatakan bahwa Gajah Mada meninggal dunia pada tahun 1286 Saka atau 1364 Masehi. Tetapi ada juga yang bilang bahwa Gajah Mada moksa atau menghilang. Hal ini tertulis dalam kidung Sunda Pupuh ke tiga atau Sinom. Dalam pupuh ketiga menjelaskan bahwa Prabu Hayam Wuruk cemas setelah menyaksikan peperangan Bubat antara pasukan Majapahit yang dipimpin Gajah Mada dengan pasukan Kerajaan Sunda. Hayam Wuruk kemudian menuju ke pesanggaran putri Sunda. Putri Sunda ditemukan sudah dalam kondisi tewas. Maka prabu Hayam Wuruk pun meratapi karena wanita tersebut wanita idamannya. Bagaimana menurut anda?

ya menurut artikel yang saya baca, Disebutkan dalam kitab Kakawin Nagarakretagama, sekembalinya Hayam Wuruk dari upacara keagamaan di Simping, dia menjumpai Gajah Mada telah sakit. Gajah Mada disebutkan meninggal dunia pada tahun 1286 Saka atau 1364 Masehi karena sakit. dalam versi lain menyebutkan Hayam Wuruh (Raja Kahuripan dan raja Daha) pun sepakat menyalahkan Gajah Mada atas malapetaka Bubat. Maka mereka ingin menangkapnya dan membunuhnya.

Kemudian bergegaslah mereka datang ke kepatihan dengan membawa pasukan. Saat itu patih Gajah Mada sadar bahwa waktunya telah tiba. Maka dia mengenakan segala upakara (perlengkapan) upacara dan melakukan yoga samadi. Setelah itu dia menghilang (moksa) tak terlihat menuju ketiadaan (niskala).