Misteri Gunung Pulosari Pandeglang, Banten

Selamat siang dictioners, kali ini aku mau bahas salah satu gunung yang ada di daerah Banten, yaitu Gunung Pulosari. Gunung Pulosari di Pandeglang. Saking mistisnya, gunung ini juga disebut gunung angker oleh masyarakat Banten. Sedikit mengulas tentang Gunung Pulosari yaitu gunung yang memiliki ketinggian 1.346 mdpl dan sering dijadikan tempat latihan mendaki bagi para pemula. Meski tergolong “rendah” dibandingkan beberapa gunung di Banten, nyatanya untuk mencapai puncak Gunung Pulosari bukanlah perkara remeh. Ada banyak jalur curam di sana dan ada beberapa hal mistis selama perjalanan menuju puncak.

Salah satu hal mistis di Gunung Pulosari adalah adanya bola api yang disebut Ocos. Bola api ini dipercaya akan menuntun pendaki hingga sampai puncak. Namun di cerita lain menyebutkan bahwa Ocos akan muncul pada malam hari di hadapan pendaki yang lewat jalur 3. Agar tidak terjadi hal yang tidak dikehendaki, petugas wisata alam atau warga setempat akan segera menutup jalur tersebut begitu terdengar Ocos muncul. Menurut kalian bagaimana? Apakah kalian pernah mendengar kisah mistis lainnya?

Ya memang sebagai pendaki pun, justru gunung yang memiliki ketinggian tidak begitu tinggi menyimpan banyak misteri. Dari sumber yang saya baca sih, memang banyak kisah misteri yang muncul selain cerita ocos tersebut, yaitu
Suara misterius
Beberapa pendaki yang merasakan pengalaman mistis mengaku pernah mendengar suara misterius di Gunung Pulosari seperti suara tangisan, suara teriakan, suara gaduh, suara keramaian, suara tertawa, dan sebagainya.
Raja Babi
Dulunya Pulosari merupakan salah satu tempat pemasok pisang terbesar yang ada di Pandeglang. Namun, konon sejak kepala desa Pulosari wafat, muncul serangan binatang yang merusak pohon-pohon pisang. Binatang itu diyakini warga adalah Raja Babi yang disebut-sebut memiliki tubuh sebesar kerbau.