Misteri Gunung Ciremai Jawa Barat

image

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut. Gunung ini memiliki kawah ganda. Gunung Ciremai ini memiliki kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 meter. Pada ketinggian sekira 2.900 meter dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet. Namun dibalik indahnya gunung ini terdapat banyak kisah misteri bahkan disebut-sebut juga sebagai gunung angker di Jawa Barat, apakah penyebabnya? bagaimnakah kisahnya?

Gunung Ciremai disebut angker dikarenakan seringnya jatuh korban di jalur perjalanan gunung ini dan korban dari para pendaki ini menimbulkan berbagai kisah menyeramkan.

Beberapa kawasan di gunung ini diceritakan memiliki aura mistik yang kental. Salah satunya situs Kuburan Kuda, yang merupakan kuburan kuda tentara Jepang di masa penjajahan. Jika melewati daerah ini sering terdengar ringkikan kuda tanpa ada wujudnya.

Ada pula Situs Papa Tere, yang dianggap angker karena pernah terjadi pembunuhan terhadap seorang anak oleh ayah tirinya.

Situs Sangga Buana dan Pengasungan juga dikabarkan angker karena sering terdengar derap langkah kaki para serdadu Jepang.

Menurut cerita, tempat ini dulunya menjadi tempat pembuangan tawanan perang dari Indonesia.

baca artikel