Misteri cipratan putih pada lukisan scream

Lukisan ekspresionis ‘The Scream’ yang menggambarkan seseorang yang sedang berteriak, menjadi salah satu karya megah yang sangat populer di dunia seni. Dari empat seri lukisan yang dibuat dalam rentang waktu sekitar tahun 1893-1910 tersebut, adalah yang ada di Museum Nasional Norwegia yang paling mencuri perhatian. Bukan hanya karena lukisan itu merupakan versi pertama, tapi juga karena terdapat sebuah noda cipratan putih misterius yang terdapat di bagian bahu kanan sosok di dalam lukisan. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai lukisan ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, cipratan putih dalam lukisan ini merupakan sebuah lelehan tetesan lilin, yang kemungninan jatuh dari lilin di studio Edvard.

Peneliti menganalisa ‘The Scream’ dengan menggunakan sebuah mesin canggih yang mereka buat sendiri dan dinamai “Macro X-ray fluorescence scanner”. Mesin ini sebelumnya juga digunakan untuk menganalisa lukisan Van Eyck, Rubens dan Van Gogh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lukisan itu tidak mengandung pigmen atau kalsium. Tim kemudian membawa sampel mikro dari cipratan putih dan mengirimkannya untuk dianalisa di Hamburg.

Referensi: cnnindonesia.com