Mister Stonehenge, Apa Maksud Kehadiran Bangunan Aneh Ini?

download (1)
Stonehenge merupakan monumen misterius yang terdapat di lokasi purba Wiltshire, Inggris. Monumen tersebut benar-benar menjadi perdebatan dan perbincangan banyak orang terkait dengan alasan mengapa bangunan tersebut didirikan dan bagaimana monumen tersebut dibangun sedemikian rupa. Monumen ini memiliki diameter sekitar 90 meter Monumen ini adalah salah satu monumen megalitik yang paling ternama di dunia. Dikarenakan tidak ada asal-usul yang jelas terkait dengan awal mula dari Stonehenge ini, banyak pendapat yang muncul terkait dengan keberadaannya. Apa saja pendapat dan teori tersebut?

  1. Teori Merlin
    Teori ini mengungkapkan bahwa stonehenge ini dibawa dan disusun oleh raksasa karena batu tersebut memiliki kemampuan penyembuhan. Beralih ke Inggris, ketika raja Inggirs ingin membuat sebuah monumen untuk memperingati meninggalnya banyak prajurit yang ia miliki, seorang penyihir bernama Merlin merekomendasikan raja tersebut untuk membangun sebuah monumen menggunakan batu yang digunakan oleh raksasa tersebut. Usul itu disetujui, lalu Merlin menggunakan kekuatan sihirnya dan memindahkan batu-batu tersebut lewat laut.

  2. Tempat Pemujaan Kaum Druid
    Teori ini datang dari Dr. William Stukley, dokter dan seorang arkeolog ternama dan juga merupakan salah satu anggota freemason yang terkenal di Inggris. Menurutnya, pada tahun 460 SM, Inggris didatangi oleh sejumlah peziarah dari Timur tengah, kemungkinan bangsa Finisia, yang pernah tinggal di tanah Kanaan yang ditaklukkan oleh bangsa Israel. Para peziarah inilah yang mendirikan agama Druid yang kemudian membangun Stonehenge sebagai tempat pemujaan.

  3. Tempat penyembuhan
    Pada tahun-tahun belakangan ini, terdapat teori baru mengenai monumen misterius ini. Ini dikarenakan ditemukannya tengkorak-tengkorak di dekat situs tersebut. Pada sisa-sisa tengkorak yang ditemukan, terdapat beberapa tanda seperti tengkorak yang sengaja dibuka. Tanda ini menunjukkan adanya prosedur operasi pada kepala yang bersangkutan.Berdasarkan pada penemuan ini, Prof.Timothy Darvill dari Bournemouth University dan Prof. Geofrrey Wainwright, mengajukan teori kalau monumen ini mungkin telah digunakan sebagai lokasi penyembuhan bagi orang sakit, sejenis Lourdes masa purba.

Dan teori-teori atau pendapat lainnya yang mencoba menjelaskan apa sebenarnya asal-usul dari bangunan ini. Hingga saat ini pun tidak ada penjelasan pasti dan valid terkait dengan keberadaan dari Batu Stonehenge. Cukup mengherankan bukan?

Terdapat teori juga yang mengatakan bahwa tempat ini merupakan sebuah tempat sebagai tempat pengamatan luar angkasa. Teori ini dikemukakan oleh Sir John Lockyer. Ia adalah astronom ternama Inggris yang menemukan elemen helium. Pada tahun 1901, ia menulis sebuah paper yang mengasumsikan kalau beberapa bagian dari Stonehenge, yang disebut Heel Stone, pada awalnya sejajar dengan Summer Solstice (Hari terpanjang dalam satu tahun). Karena itu Lockyer berasumsi kalau monumen ini mungkin telah digunakan oleh para astronom kuno untuk mengamati objek angkasa.