Minum Jeruk Habis Makan Udang Bikin Keracunan?

Pernahkah Anda mendengar larangan minum setelah memakan udang? Konon jika Anda melanggar pantangan tersebut, ada peluang besar untuk mengalami keracunan.

Namun menurut Doktor Gizi Poltekkes Kemenkes Jakarta 2 dan Nutrisionis Persagi, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, minum jeruk sehabis menikmati udang tidak dilarang dalam dunia medis.

Rita juga berkata bahwa efek keracunan seperti yang disangkakan masyarakat selama ini tidak ada.

Kekhawatiran masyarakat tentang keracunan tersebut didasari oleh adanya kandungan arsen di udang yang bercampur dengan vitamin C dari jeruk. Padahal, masyarakat perlu mengenali terlebih dulu jenis arsen yang menyebabkan keracunan.

Ada 2 jenis arsen. Pertama adalah arsen organik yang biasa ditemukan dalam daging, sayuran, dan buah. Lalu, yang kedua adalah arsen anorganik yang terkandung dalam logam berat dan bersifat racun.

Menurut WHO, kadar arsenik sebanyak 0.5-1 mg di dalam makanan masih tergolong normal dan tidak menimbulkan gangguan penyakit di dalam tubuh. Udang memiliki kandungan arsenik alami dan tidak membahayakan tubuh. Bahkan, sebagian besar arsenik yang terkandung di dalam udang merupakan arsenik organik yang sifatnya stabil, dan jika terkandung arsenik anorganik pun jumlahnya kurang dari 4% atau sekitar 0.5 mg. Arsenik anorganik di dalam udang dapat berubah menjadi arsenik trioksida hanya jika seseorang memakan udang sebanyak 105 kg.

Keracunan arsen dapat terjadi jika mengonsumsi 70-200 mg arsen anorganik. Jumlah tersebut setara dengan konsumsi arsen 1 mg per kilogram berat badan setiap harinya.

Jadi tak perlu khawatir jika mengonsumsi udang dan minuman jeruk dalam waktu yang bersamaan. Bahkan terdapat manfaat dari perpaduan makan udang dan minum jeruk secara bersamaan. Selain dikenal sebagai sumber protein yang kaya, udang juga mengandung zink dan kalsium pada kulitnya. Vitamin C dari jeruk akan meningkatkan proses penyerapan zink dan kalsium dari kulit udang ke tubuh.

Sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2016/09/28/481/1500532/minum-jeruk-setelah-makan-udang-sebabkan-kematian
https://sains.kompas.com/read/2018/04/03/190500923/minum-jeruk-habis-makan-udang-bikin-keracunan-dokter-bilang-itu-mitos