Min Kao: Pendiri Garmin Ltd., Perusahan Teknologi Multinasional Amerika

Biografi


Nama
Min H. Kao (simplified Chinese: 高民环; traditional Chinese: 高民環; pinyin: Gāo Mínhuán)

Tempat dan Tahun Lahir
Zhushan,Taiwan, 1949

Pekerjaan
Co-founder Perusahaan Teknologi Garmin

Almamater
• National Taiwan University – Art/Science (Sarjana)
• University of Tennessee Knoxville (Master)
• University of Tennessee Knoxville (Doktor)

Kewarganegaraan
Amerika Serikat

Total Kekayaan
US$ 2.8 Billion Dollar (Terakhir update 17 Desember 2016)

Peringkat berdasarkan Forbes
• 67 Richest In Tech (2016)
• 810 Bilionaires (2016)
• Orang Terkaya di 50 kota besar Amerika (2016)

Riwayat Hidup dan Karir


Min Kao lahir pada tahun 1949 di sebuah kota kecil di Taiwan yang disebut Zhushan di Nantou. Dia lulus dari Universitas Nasional Taiwan dengan gelar BS di bidang teknik listrik. Setelah lulus, ia memutuskan untuk mendaftar ke Universitas di Amerika Serikat untuk studi pascasarjananya. Ia juga ditawari menjadi asisten pengajar di Universitas Tennessee, yang membantunya untuk membayar uang kuliah hingga memperoleh gelar M.S. dan Ph.D. nya pada bidang teknik listrik sekaligus terlibat dalam penelitian untuk NASA dan Angkatan Darat AS.

Sebelum mendirikan Garmin, Kao menjabat sebagai sistem analis di Teledyne Sistem pada bagian inersia, navigasi radio dan sistem pengendali api. Sementara di Magnavox Advance Products, ia merancang algoritma Filter Kalman untuk peralatan pengguna Tahap II GPS. Kemudian ia juga menjabat sebagai pemimpin kelompok engineering dengan King Radio Corporation dan Allied Signal, dimana dia memimpin pengembangan navigator GPS pertama yang disertifikasi oleh FAA.

Kao mendirikan Perusahaan Garmin dengan Gary Burrell pada Oktober 1989 untuk mengintegrasikan teknologi Global Positioning System (GPS) ke dalam perangkat navigasi untuk beberapa pasar. Dia diberi penghargaan untuk desain terobosan dan teknik dari software teknologi GPS yang menjadi dasar terbentuknya lini produk asli Garmin. Garmin juga telah memperkenalkan produk unggulannya yaitu GPS untuk pasar laut dalam negeri, dan tak lama setelah itu dikembangkan untuk aplikasi internasional kelautan dan penerbangan.

Burrell dan Kao mendirikan kantor pertama mereka di Kansas City, Kansas, pada tahun 1989, dan mulai membangun kampus mereka di pinggir kota Kansas pada tahun 1996.

Saat ini pemimpin dunia dalam bidang penerbangan, kelautan, rekreasi, kebugaran dan pasar otomotif GPS, Garmin, telah melaporkan pertumbuhan yang signifikan selama 15 tahun terakhir. Perusahaan ini mempekerjakan hampir 3.000 karyawan di seluruh dunia dan memiliki fasilitas di Kansas, Oregon, Arizona, Taiwan dan Inggris. Dan telah mengirimkan lebih dari 10 juta perangkat navigasi GPS, komunikasi dan informasi.

Kao telah menjabat sebagai Ketua Umum dari Garmin Cayman sejak Agustus 2004 yang sebelumnya sempat menjadi co-chairman selama 4 tahun dari Agustus 2000 sampai Agustus 2004. Ia juga menjabat sebagai Ketua Executive Officer dari Garmin Cayman sejak Agustus 2002 dan sebelumnya menjabat sebagai CEO selama 2 tahun. Selain itu, Kao menjabat sebagai direktur dan officer dari beberapa anak perusahaan Garmin Cayman sejak Agustus 1990.

University of Tennessee meresmikan kampus Teknik Elektro dan Ilmu Komputer pada 14 Mei 2007 yang berasal dari sumbangan pribadi Kao dan merupakan sumbangan terbesar dalam sejarah UT pada masa itu. Dia juga telah mendirikan Yayasan Keluarga Kao di Olathe, Kansas.

Saat ini, dia dan istrinya, Fan, menikmati perjalanan dan menghabiskan waktu dengan dua anak mereka. Mereka saat ini tinggal di Leawood, Kansas.

Fakta-fakta


  1. Pada tahun 2005, Kao menyumbangkan $17.5 juta ke Fakultas Teknik University of Tennessee, $12.5 juta diantaranya ditujukan untuk pembangunan fasilitas baru.
  2. Pada bulan Mei 2007, upacara peletakan batu pertama dilakukan untuk The Min Kao Electrical Engineering and Computer Science di Universitas Tennesse. Bangunan ini kemudian didedikasikan pada Maret 2012.
  3. Nama awal perusahaan ini adalah ProNav dan kemudian diganti menjadi Garmin yang berasal dari plesetan dari nama pertama pendiri (Gary dan Min).
  4. Perusahaannya merupakan produsen perangkat GPS terbesar di dunia dan merupakan ujung tombak revolusi komputasi berbasis lokasi
  5. Pada tahun 1999 penjualan yang dilakukan Garmin mencapai $232.6 juta.

Quotes


“Every entrepreneur needs ideas, vision, and creativity - no matter what the product or service. Not only that, but the product should truly delight customers and become an essential part of their lives.” – Min Kao
“I’ve always been an engineer devoted to the potential of advanced technologies. Like most engineers, I have a keen sense of curiosity and a deep desire to learn. Garmin was my first entrepreneurial endeavour, and it has been an incredible journey.” – Min Kao
“I began my career at Teledyne, where I worked on various navigation systems, including Inertial, Doppler radar, and other conventional radio navigation systems.” – Min Kao

References

http://www.forbes.com/profile/min-kao/
http://www.garmin.com/en-US/company/leadership/min-kao/
http://www.referenceforbusiness.com/history2/61/Garmin-Ltd.html
https://www.emporia.edu/dotAsset/65ec9a9c-649a-4632-aed0-33691436f9ff.pdf
https://sussle.org/t/Min_Kao
http://money.cnn.com/galleries/2007/biz2/0706/gallery.50whomatter.biz2/28.html
http://alchetron.com/Min-Kao-661256-W
https://quotesgram.com/min-kao-quotes/
https://en.wikipedia.org/wiki/Min_Kao