Metode apa yang perlu kita ketahui untuk mencegah hewan burung peliharaan kita terkena penyakit kapur berak dan bagaimana pengobatannya?

jalak-Acridhoteres-Javanicus

Seperti juga pada kesehatan manusia, pertolongan pertama perlu pula dilakukan terhadap burung yang sakit akibat terluka atau bila burung menunjukkan gejala akan terserang suatu penyakit. Untuk itu, perlu diketahui gejala – gejalanya dan bagaimana cara mengobatinya. Karena hal itu baik untuk merawat burung supaya sehat terbebas dari penyakit.

Pencegahan penyakit berak kapur yaitu :

  • Melakukan sanitasi kandang dengan menggunakan antiseptic, untuk menghilangkan atau menghindari bakteri atau jamur yang mengendap dalam kandang.
  • Menggusahakan melakukan manajemen pengelolalan dengan baik, dalam segi kandang, pakan dan pemberikan nutrsi secara teratur.
  • Melakukan pembersihan peralatan yang di gunakan secara teratur, baik tempat pakan, minum, maupun lainnya dengan cara membersihakannya atau merendam dengan larutan antiseptic.
  • Lakukan pemandian secara teratur, untuk menghindari kotoran yang menempel yang mengakibatkan berbagai penyakit datang.
  • Pemberian pakan atau minuman jangan berlebih, yang akan membuat penumpukan sisa makanan sehingga menyebabkan bakteri atau jamur muncul dan menyerang burung.
  • Pengobatan berak kapur pada burung

Untuk Pengobatan memang sangat banyak dilakukan, namun tidak semua obat akan memberikan hasil yang maksimal dan memuaskan. Tetapi pengobatan akan mampu menghambat angka kematian dan mengurangi atau menurunkan kadar penyakit berak kapur. Biasanya obat untuk mengatasi berak kapur pada unggas maupun burung adalah therapy, medoxy, sulfamix, koleridin, teteacholer, respiratek, neo meditril dan sebagainya. Lakukan pemilihan untuk mengobati atau mengatasi berak kapur tergantung peternak memilih obat mana yang akan digunakan, biasanya setelah pemberian obat tersebut berikan kembali vita stress 4 – 5 hari untuk menghilangkan stres dan membantu memulihkan kembali kondisi tubuh burung.