Merk Pisau yang Sering Digunakan Chef Apa Saja?

Merk pisau juga bisa jadi penentu dalam memasak. Merek pisau apa sajakah yang sering digunakan oleh chef terkenal?
image

Chef’s Knife
Pisau ini termasuk jenis pisau dapur yang serbaguna karena dapat digunakan untuk memotong apa saja. Chef’s Knife ini biasanya sangat banyak dijual di pasaran, dari segi bentuknya, pisau dapur ini memang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sangat pas untuk digunakan memotong dan mengupas makanan. Pisau ini dapat memotong daging dan tulangnya walau agak sedikit lebih sulit dan memerlukan tenaga.

Slicing Knife
Jika dibandingkan dengan chef’s knife, slicing knife ini memiliki bentuk yang lebih panjang dan runcing. Jenis pisau dapur ini lebih berguna untuk mengiris daging atau ikan yang super tipis karena memiliki mata pisau yang lebih tajam. Kalau menurut chef terkenal seperti Gordon Ramsay, kunci dari menguliti ikan dan daging adalah dengan menggunakan pisau tajam yang fleksibel. That’s why kamu juga butuh jenis pisau dapur tipe slicing knife untuk di dapurmu. Selain itu, jenis pisau dapur ini juga bisa digunakan untuk mengiris bahan lainnya seperti bawang, tomat, timun ataupun mengelupas kulit buah.

Cleaver Knife
Biasa digunakan para chef terkenal di Tiongkok, cleaver knife berfungsi untuk mencincang makanan, sayur, dan memotong tulang daging yang besar karena bentuknya yang lebar. Jenis pisau dapur ini memiliki bentuk persegi dan cukup berat. Gagangnya yang lebih kokoh dibandingkan dengan jenis pisau lainnya. Biasanya sih, kamu juga dapat menjumpai jenis pisau dapur ini di tukang daging.

Utility Knife
Saat dilihat sekilas mata, kamu pasti sulit membedakan antara Utility Knife dengan Chef’s knife. Yup! Karena kedua jenis pisau dapur tersebut hampir memiiki bentuk yang mirip. Dari segi ukurannya pun, jenis pisau dapur ini lebih kecil daripada Chef’s knife. Di dunia memasak, utility knife adalah jenis pisau dapur yang sering digunakan oleh para chef handal. Jenis pisau ini dapat digunakan untuk segala potongan yang tidak terlalu sulit serta sampai ke tingkat yang sulit.

Paring Knife
Ukurannya hanya berkisar antara 5-10 cm saja dan lebih kecil daripada jenis pisau dapur lainnya. Dalam sekali lihat, kamu dapat mudah membedakan antara pairing knife dari yang lainnya. Fungsi pairing knife? Tentu saja dapat digunakan untuk mengupas buah, memotong sayuran dan memisahkan kulit udang. Uniknya, jenis pisau dapur ini dapat juga dipakai untuk menghias makanan.

Bread Knife
Siapa di sini yang suka membuat roti di rumah? Bagi kamu yang suka membuat roti di rumah, kamu wajib memiliki bread knife. Jenis pisau dapur digunakan untuk mengiris roti secara sempurna tanpa membuatnya hancur. Secara bentuk, bread knife memiliki ukuran yang lebih panjang dan bergerigi. Jenis pisau dapur seperti bread knife ini memiliki dua jenis pegangan yang disebut klasik dan offset. Jangan khawatir jari kamu terpotong dengan pisau ini.

Boning Knife
Satu lagi jenis pisau dapur yang menjadi pilihan para chef terkenal adalah Boning knife. Ciri khas dari pisau ini adalah bentuknya yang melengkung serta mengecil di bagian ujung. Jika kamu berniat memisahkan daging dari tulangnya, jenis pisau dapur ini adalah pilihannya. Jenis pisau ini sengaja didesain melengkung agar mempermudah para chef untuk mengontrol pemotongan jenis daging apapun.

Fluting Knife
Coba ke dapurmu, pasti dengan cepat kamu dapat menemukan jenis pisau dapur ini. Hampir sama dengan parring knife, fluting knife memiliki ukuran lebih kurang 5-10 cm yang berguna untuk membuat hiasan pada piring agar makanan lebih terlihat indah dan menarik untuk disajikan. Jenis pisau dapur ini sangat membantu para chef untuk bekerja lebih cepat di hotel dan restoran. Bentuk dari fluting knife lebih tajam dan berlekuk agar memudahkan si penggunannya. Sebagai gantinya, pemakaian tempat penyimpanan untuk jenis pisau ini harus sangat diperhatikan. Disarankan memakai rak dinding supaya bisa mengakomodasi bentuk dari pisau itu sendiri.

Carving Knife
Tidak jauh berbeda dengan jenis pisau dapur lainnya, carving knife terkadang dapat membingungkan karena fungsinya juga hampir sama dengan yang lain. Jenis pisau dapur ini memiliki bentuk yang tipis dan runcing. Jika dibandingkan dengan Chef’s knife, bagian pisau ini cenderung lebih tipis. Biasanya, jenis pisau ini terdapat di meja makan, bersebelahan dengan garpu yang digunakan untuk memotong masakan seperti daging.

Mincing Knife
Dengan bentuknya yang unik, jenis pisau dapur ini biasa digunakan oleh para chef terkenal untuk menghaluskan bahan makanan dengan cara dipotong-potong. Mincing knife memiiki desain yang melengkung serta mudah untuk digunakan. Cara menggunakannya? Hanya dengan memegang kedua gagang pisau dengan tangan dan menggerakannya ke kiri dan kanan sampai bahan makanan menjadi halus. Sayangnya, jenis pisau dapur seperti ini agak sulit dijumpai untuk digunakan di dapur rumahan.

Referensi: