Meredakan sensitivitas Jack Russell Terrier terhadap kucing atau binatang kecil lainnya

Bagaimana cara meredakan sensitivitas Jack Russell Terrier terhadap kucing atau binatang kecil lainnya?

Caranya ikat Jack Russell Terrier dengan tali yang kuat, atau bahkan tali dengan penutup moncong, dan suruhlah anjing itu duduk saat ada orang lain yang memperkenalkan kucingnya di dalam kandang atau di balik pagar yang pendek. Saat anjing itu melihat kucing dan bereaksi dengan agresif (menekuk lutut, menggonggong, berusaha lari), suruhlah si anjing duduk. Saat anjing itu taat, berikan sebuah kudapan sebagai upahnya. Biarkan anjing tetap mengamati kucing tersebut dan saat anjing mulai bereaksi kembali dengan sikap agresif, berikan perintah “duduk” dan berikan kudapan jika ia taat.
Setelah Anda merasa anak anjing Anda rileks saat melihat kucing tersebut, Anda dapat perlahan-lahan memperkenalkan kucing tersebut padanya (mendekatkan kandangnya, membuka pagarnya) tetapi tetap ikatkan tali pada anjing sampai Anda merasa anjing itu mampu untuk terus taat pada perintah “duduk”.
Latihan ini mungkin memerlukan beberapa sesi (ingatlah untuk membuat sesi yang berudurasi pendek) selama beberapa hari, tetapi pada akhirnya anjing Anda akan belajar bahwa kucing bukanlah objek yang harus dikejar.