Menyusun skala prioritas, pentingkah?

image

skala prioritas membantu kita untuk memilah hal yang lebih penting untuk kita kerjakan dahulu. hal ini bisa membuat pekerjaan terasa lebih mudah dan efisien. tetapi, apakah begitu pentingnya untuk menyusun skala prioritas bagi kehidupan daily kita?

Skala prioritas itu sangat penting banget menurutku karena banyak manfaat dan hal-hal positif yang didapatkan. Salah satunya adalah membantu membantu kita dalam mengelola keuangan rumah tangga.

Dengan menyusun skala prioritas kita bisa mendapatkan manfaat seperti:

  • Pengelolaan keuangan yang dilakukan secara bijak akan membuat setiap kebutuhan yang bersifat urgent dan penting dapat terpenuhi dengan maksimal.
  • Dapat memenuhi kebutuhan dengan tepat dan sesuai dengan kemampuan.
  • Kehidupan lebih teratur, dengan gaya hidup sesuai dengan budget.
  • Mampu merencanakan masa depan dengan lebih baik

Setiap manusia memiliki skala prioritas kebutuhan yang berbeda, terlebih yang menyangkut masalah keuangan. Adapun faktor-faktor yang perlu dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan skala priorotas adalah sebagai berikut:

  1. Tingkat urgensinya, yaitu menentukan kebutuhan mana yang harus didahulukan berdasarkan tingkat kepentingannya.
  2. Pendapatan, yaitu menentukan skala prioritas berdasarkan besarnya jumlah pendapatan yang diterima.
  3. Kesempatan yang dimiliki, yaitu suatu kebutuhan yang hanya dibutuhkan pada saat itu saja dan perlu didahulukan.
  4. Pertimbangan masa depan, yaitu memilih sesuatu yang lebih berguna secara fungsional untuk masa yang akan datang.
  5. Kemampuan diri, yaitu menentukan pilihan berdasarkan kemampuan diri, baik kemampuan materi maupun kemampuan nonmateri.

Sehingga benar bahwa

Demi kehidupan yang jauh lebih tertata dengan baik.

Ya, skala prioritas sangatlah penting bagi kehidupan sehari-hari kita. Tentunya setiap hari kita akan dihapankan pada suatu pilihan dan disinilah kita harus mampu menentukan prioritas mana hal yang harus didahulukan dan mana yang dapat ditunda sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan dengan tepat.

Dilansir dari kompas.com, berikut beberapa faktor penentu skala prioritas :

  • Tingkat kepentingan
    Sebelum menentukan barang mana yang harus didahulukan, harus mempertimbangkan seberapa jauh tingkat kepentingan barang tersebut.

  • Kesempatan yang dimiliki
    Apabila suatu kebutuhan diperlukan saat itu juga, maka perlu didahulukan. Contoh ketika orang sakit, obat merupakan kebutuhan yang harus didahulukan agar cepat memperoleh kesembuhan. Kebutuhan yang lain bisa ditunda atau dikesampingkan terlebih dahulu.

  • Kemampuan diri
    Kebutuhan manusia akan suatu hal tidak akan pernah habis. Sebab kecenderungan sifat manusia adalah selalu merasa tidak puas. Satu hal yang seringkali dilupakan adalah manusia memiliki keterbatasan kemampuan.

Sumber

Langkah Menyusun Skala Prioritas Halaman all - Kompas.com

Menurut saya, menyusun skala prioritas itu sangat penting dalam hal apapun itu. Skala prioritas dapat diterapkan ketika kita menyusun jadwal sehari-hari, jadwal kerja dalam sehari, hingga menyusun apa yang ingin dicapai. Saya sendiri juga sudah menerapkan skala prioritas tersebut, seperti apa yang ingin dicapai terlebih dahulu, jadwal sehari-hari sebagai mahasiswa. Sebagai mahasiswa, perlu untuk menyusun skala prioritas, antara kegiatan akademik dan kegiatan diluar akademik kita juga.

Menyusun skala prioritas dapat juga memudahkan kita dalam memetakan hal-hal tertentu, sehingga kita dapat dengan jelas melihat kepentingan mana yang diprioritaskan terlebih dahulu dari kepentingan yang lain.