Menyanyi dan Mendengarkan Musik di Kamar Mandi, Wajarkah?

image

Beberapa dari kita sudah terbiasa menyanyi atau sekedar mendengarkan musik saat berada di kamar mandi. Hal itu bertujuan untuk membunuh rasa sepi yang ada dan menghindari rasa takut. Namun, kebiasaan menyanyi di kamar mandi sangat dilarang dalam islam. Dalam sebuah hadits, Rasulullah mengatakan bahwa iblis meminta tempat tinggal oleh Allah SWT selama berada di bumi.

" Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal," kata iblis.

Allah SWT berfirman: " Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban)," (HR.Bukhari). Dari situlah kemudian iblis pun menggoda setiap orang yang memasuki rumahnya yang berupa kamar mandi, jamban atau WC.

Bagaimana tanggapan Youdics mengenai hal tersebut? Dan apakah Youdics juga gemar menyetel musik saat berada di kamar mandi? Jika iya, berikan alasannya.

Saya sendiri gak pernah mendengarkan musik saat berada di kamar mandi, sebenarnya sambil mendengarkan musik untuk mengatasi rasa sepi itu tidak masalah, namun jangan membuat hal itu membuat diri kita terlalu lama berada di kamar mandi. Karena bagaimanapun juga kamar mandi terdapat banyak kuman dan biasanya ruangannya kecil dan tidak ada ventilasi udara sehingga kuman akan tetap terperangkap di ruangan itu. Intinya jangan terlalu lama berada di kamar mandi karena tidak baik untuk kesehatan.

Menurut saya, jika dalam hadits tersebut termasuk ke dalam hadits shahih maka sebaiknya diamalkan. Sebab hadits tersebut bermaksud menuntun umat muslim ke perilaku yang terpuji.

Saya termasuk orang yang suka mendengarkan musik atau bernyanyi ketika sedang mandi. Saya hanya mendengarkan musik di kamar mandi ketika mandi (tidak dengan buang air). Namun ketika mandi sambil mendengarkan musik, saya masih ingat untuk tidak berlama-lama di dalam kamar mandi.

Alasan saya mendengarkan musik di dalam kamar mandi karena mendengarkan musik adalah salah satu hobi saya. Mendengarkan musik menjadi salah satu bentuk coping stress yang saya lakukan setelah/sebelum menjalani aktivitas saya. Mengapa tidak dilakukan di luar kamar mandi? Mendengarkan musik juga saya lakukan meski tidak di kamar mandi, namun ketika di kamar mandi (yang menjadi pembahasan) saya merasa lebih sering merasa bisa menikmati musik karena tidak dikelilingi oleh orang lain.

Itulah alasan mengapa saya suka mendengarkan musik ketika di kamar mandi. Jika ada penjelasan ilmiah/agama tentang mendengarkan musik di kamar mandi boleh banget nih dibahas. Terima kasih

1 Like

mendengarkan musik sambil menyanyi merupakan hal yang sangat enak untuk dilakukan, terus terang aja ketika bernyanyi sambil mendengarkan musik di kamar mandi memberikan ku feel like a superstar di kamar mandi LOL. karena ketika bernyanyi dikamar mandi entah kenapa suara lebih terdengar bagus 1000kali lipat dibanding diluar kamar mandi wkkwkw. selain itu mendengarkan musik atau bernyanyi dikamar mandi membuang rasa bosan dan sepi saat didalam kamar mandi. dan menurut ku itu suatu hal yang wajar-wajar saja untuk dilakukan :v: