Menurutmu apakah pola asuh orang tua "terlalu tegas" akan membentuk anak yang penakut?

Berani merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap individu. Dengan berani, bukan hanya menggambarkan sikap tegas pada diri namun membangun wibawa pada setiap individu. Keberanian bisa dibentuk oleh faktor lingkungan dan faktor diri sendiri. Orang tua sebagai guru pertama bagi anaknya, tentu memiliki peranan besar dalam membentuk pola karakter anak. Setiap orang tua memiliki pola asuh masing-masing, ada yang mengasuh dengan sikap yang sabar, ada yang mengasuh dengan sikap yang tegas. Setiap pola asuh memiliki output sifat karakter anak yang mungkin bisa berbeda.

Menurutmu apakah pola asuh orang tua “terlalu tegas” akan membentuk anak yang penakut? atau bagaimana? Seberapa besar pengaruh faktor pola asuh orang tua “tegas” terhadap keberanian anak?

Pola asuh yang terlalu tegas, sangat berpengaruh pada kepribadian anak itu sendiri. Menurut saya, tidak salah orang tua mengatur anak disiplin, namun sebaiknya tidak dilakukan secara terlalu tegas karena sikap tersebut akan membuat anak menjadi takut akan banyak hal. sebaiknya sejak kecil, orang tua cukup memberi kebebasan kepada si anak untuk mengenal hal yang baik dan yang buruk namun tetap saja orang tua harus mengawasi supaya jika anak mengenal hal yang buruk, orang tua dapat memberitahu si anak bahwa hal itu tidak baik