Menurutmu, Apa Makna Manusia adalah Makhluk Hidup Yang Berakal?

Manusia adalah Makhluk Hidup Yang Berakal aka

الإنسان حيوان ناطق

“Manusia adalah makhluk hidup yang berakal”

Manusia sebagai makhluk kultural terlihat dalam pernyataan Al-Qur’an menujukkan bahwa manusia punya penglihatan, pendengaran dan budi sehingga mereka dapat memperoleh pengetahuan meski dilahirkan tidak tau sama sekali dalam Q.S An-Nahl ayat 78.

makna nya adalah manusia adalah makhluk hidup yang istimewa dan sempurna diciptakan oleh Allah SWT, yaitu diberinya kelebihan berakal agar manusia dapat berpikir dan beribadah kepada Allah SWT

Dalam Alqur’an, Allah telah menjelaskan bahwasannya manusia adalah makhluk adalah yang paling sempurna di antara makhluk ciptaan yang lain. Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia teletak pada “akal” yang diberikan oleh Allah SWT. Akal manusia membuat mereka bisa membedakan mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan buruk. Tak hanya itu, dengan akal, manusia dapat menciptakan sesuatu di dunia.

Namun, meskipun manusia telah dikaruniai akal oleh Allah, untuk hidup di dunia, manusia masih perlu adanya tuntunan atau pedoman hidup. Maka dari itu, Allah turunkan wahyuNya melalui Nabi Muhammad SAW untuk menuntun manusia ke jalan yang benar. Nabi Muhammad tidak hanya mendoktrin umat manusia, namun juga mengajak mereka untuk berfikir dan berdiskusi menggunakan akal mereka. Maka seorang muslim dalam bertindak maupun berbicara sudah sepatutnya menggunakan akalnya yang dituntun oleh wahyu.