Menurutmu apa itu Conceptual Art?

Conceptual Art adalah sebuah gerakan seni yang mulai berkembang sekitar tahun 1960-an dan merupakan gerbang menuju perbabakan dunia (dan juga seni) yang baru, yakni post-modernisme.

Benar!:+1: Selain itu Conceptual Art atau yang kadang-kadang hanya disebut konseptualisme, merupakan sebuah seni dimana konsep atau gagasan yang terlibat dalam pekerjaan lebih diutamakan daripada masalah estetika, teknis, dan material tradisional. Beberapa karya seni konseptual, kadang-kadang juga disebut instalasi karena dapat dibangun oleh siapa pun hanya dengan mengikuti satu set instruksi tertulis.

Dalam Conceptual art, gagasan itu sendiri merupakan seni rupa. Konsep-konsep seniman sering diungkapkan dengan penggunaan objek-objek atau dokumentasi pengalaman. Akan tetapi, yang merupakan karya “seni rupa” adalah konsepsi seniman itu sendiri, bukan produknya.

Joseph Kosuth (1941) adalah salah seorang seniman konseptualis yang penting. Ia menghasilkan “wordworks” seperti Art as Idea as Idea (1967), dengan memfotokopi dan memperbesar sebuah entrydalam kamus. Proses ini sama sekali tidak memerlukan keterampilan seni rupa yang tradisional. Hasil yang diperoleh tidak dapat dianalisis berdasarkan ciri-ciri visual formal,karena karya seni rupa ini adalah konsepnya itu sendiri. Karya Kosuth yang lain berjudul One and Three Chairs, berupa susunan kursi di sepanjang dinding, sebuah foto kursi, dan foto kopi yang diperbesar definisi kata “chair.”