Menurutmu, apa hubungan antara self-improvement dan rasa ingin menyerah?

Yang saya tahu, setiap individu mempunyai keinginan untuk melakukan peningkatan dalam diri dan memiliki perubahan yang lebih baik dalam hidupnya. Mereka seakan berlomba - lomba mencari tahu tentang self-improvement apa yang bisa saya lakukan? atau bisa dikatakan sebagai proses menemukan jati diri.

Lalu bagaimana jika ada individu yang merasa putus asa dan ingin menyerah dalam hidupnya? Apakah individu tersebut masih bisa melakukan
self-improvement dalam hidupnya? Sedangkan menyerah adalah kondisi dimana seseorang tidak ingin melakukan usaha apapun untuk mengejar tujuan hidup atau melakukan hal yang berarti dalam hidupnya. Kalau yang sering saya dengar si ikuti alurnya saja, katanya. Padahal kesimpulannya self-improvement sendiri artinya kita bisa mengubah kondisi kita, jika kita mau melakukannya.

Kalau menurutmu bagaimana?
Apakah ada cara mengatasi self-improvement bagi individu yang ingin menyerah?

Self-improvement harusnya dijadikan solusi dari rasa ingin menyerah. Entah darimana saya sendiri pernah dengar untuk kita belajar dari keputusasaan. Dan dalam individu yang putus asa yang perlu ia kembangkan adalah rasa untuk percaya pada diri. Ini cuman pendapatku ya, hehe.

okey. self-improvement bagi individu yang putus asa, yang perlu dikembangkan adalah rasa percaya diri. gimana kalau ada faktor yang membuat individu itu merasa tertekan. misal, dari lingkungan sekitar atau bisa juga individu itu selalu overthinking?

Manusia itukan mahkluk sosial, jadi gamungkin dia bisa lewati sendiri. Satu-satunya yang bisa bantuin mungkin orang lain (entah itu keluarganya, atau temannya). Entahlah, apapun yang bisa dilakukan dari kita; mari lakukan terbaik untuk membantu. Gimana menurut kamu?

gimana dengan individu yang memang udah prepare tentang self-improvement nya tapi ketika ingin mulai, dia bingung harus darimana? Kalau pun ada orang yang mau membantu pasti ada perbedaan pikiran disana. memang harus nerima masukan darimana pun itu, tapi balik ke diri individu itu sendiri. menurut mu?

Kalau masalah prepare-nya dia mungkin pribadi sendiri juga sih, balik lagi kediri masing-masing. Iya bener, pasti ada perbedaan pikiran; oleh karena itu kita bertindak seperlunya. Dan pada akhirnya balik lagi juga keindividu masing-masing.

Menurut saya saat masa masa sulit ingin menyerah ini lah seharusnya self improvement itu segera datang
Karena masa ini akan menjadi penentu, bagaimana respon kita terhadap kegagalan itu
“Jika kamu berhenti hari ini maka kamu harus berlari besok atau jika tidak kamu hanya akan diam dan terus tertinggal”
Ayok bangkit
Kita bisa
#semangatmenolakmenyerah
Demikian pendapat saya, mari kita saling berdiskusi juga di artikel saya Bagaimana pendapatmu mengenai “inspirasi” sebagai salah satu katalisator Self-Improvement ? Apakah sudah tepat? Ditunggu kehadirannya.