Bagaimana cara menyembuhkan penyakit kutu jarum pada ikan ?

Kutu jarum atau kutu jangkar merupakan parasit berukuran besar yang kadang nampak menyerang ikan hias peliharaan kita. Parasit ini disebut kutu jarum karena bentuk tubuhnya memang mirip dengan jarum yang menempel pada ikan. Juga disebut kutu jangkar karena parasit ini menggunakan semacam kait mirip jangkar di kepalanya untuk menempel di tubuh ikan.

Bagaimana cara menyembuhkan penyakit kutu jarum pada ikan ?

CARA MENYEMBUHKAN IKAN YANG DISERANG KUTU JARUM

Kutu dapat dicabut langsung dengan jari tangan atau dengan bantuan pinset agar lebih mudah. Namun dalam mencabut kutu tersebut harus hati-hati karena apabila bagian kepala tertinggal di dalam tubuh ikan, dapat menyebabkan infeksi sampingan.

Jadi usahakan mencabut kutu tersebut hingga seluruh bagian kepala yang ada di dalam tubuh ikan. Setelah kutu tersebut dicabut dari tubuh ikan, berikan antibiotik pada akuarium sehingga ikan terhindar dari infeksi.

Antibiotik yang diberikan bisa tetrasiklin, amoksilin, atau yang lebih sederhana dan mudah di dapat seperti methylene blue yang banyak dijual di toko ikan. Bagian yang ditempeli kutu jarum umumnya akan melepuh dan berwarna keputihan, namun setelah perlakuan dengan antibiotik selama beberapa hari, bekas luka tersebut akan sembuh dan kembali normal.

Sumber: