Menurut kamu : pasangan seperti apa yang membuat kamu berpikir bahwa pasangan tersebut pantas untuk diperjuangkan?

Jodoh merupakan persoalan yang sangat rumit untuk mereka atau siapapun yang masih melajang atau tidak memiliki pasangan. Sebab, siapa pun di dunia ini pasti ingin menemukan pasangan yang membuat kita nyaman dan setia menemani hingga ajal memisahkan. Namun, hal tersebut tidaklah mudah. Terkait hal tersebut, banyak sekali kendala dan hambatan yang harus kita hadapi.

Saat akan menjatuhkan pilihan kepada seorang pria maupun wanita, kita tentu mempertimbangkan banyak hal. Padahal, mempertimbangkan berbagai hal yang ada dalam diri pasangan adalah hal wajar dan justru harus dilakukan.

Seorang pakar hubungan bernama Lisa Steadman, mengatakan bahwa wanita maupun pria sering kali tidak memedulikan apa yang penting dan lebih perhatian pada hal-hal yang sifatnya sementara waktu. Alhasil, banyak wanita maupun pria menyesal karena meninggalkan pasangan yang baik.

Terkadang pria maupun wanita mengharapkan bahkan ingin sekali memperjuangkan pasangan yang memiliki kriteria seperti : mampu mengolah emosi dengan baik, seseorang dewasa dan mandiri, memiliki sifat penyabar dan sayang keluarga, pekerja keras dan pantang menyerah, memiliki atitude dan mengerti adab, bahkan masih banyak lagi.

Nah, menurut kalian nih sebenarnya pasangan yang layak untuk diperjuangkan itu yang seperti apa sih?

1 Like

Kalau menurut saya pribadi ada beberapa kriteria pasangan yang ketika saya bertemu orang tersebut saya akan berusaha untuk memperjuangkannya. Yang pertama adalah penyayang keluarga, terutama ibu. Ibu saya pernah mengatakan kepada saya bahwa laki-laki yang menyayangi ibunya nanti ketika menikah dia juga pasti akan menyayangi istrinya sebagaimana ia menyayangi ibunya.

Yang kedua adalah yang memiliki pandangan maju untuk masa depan dan pekerja keras. Menurut saya laki-laki itu tidak cukup dengan hanya memberikan janji-janji manis seperti ‚Äúnanti kalau nikah sama kamu hidup kamu nyaman dan berkecukupan‚ÄĚ ‚Äúnanti kamu kalau nikah sama aku bisa sering liburan keluar negeri‚ÄĚ dan lain-lain. Tetapi harus juga dibuktikan dengan usaha untuk mewujudkan janji tersebut.

Yang ketiga adalah memiliki manajemen emosi yang baik. Orang dengan manajemen emosi yang baik menurut saya itu tidak mengeluarkan kata-kata tidak pantas ketika sedang emosi dan juga tidak bermain fisik seperti memukul atau melemparkan benda ke arah lawan bicara.

Menurutku ketiga kriteria itu yang paling utama dari seorang pasangan untuk bisa diperjuangkan.

Setiap orang pasti memiliki harapan untuk memiliki pasangan yang lebih baik dari dirinya sendiri. Kalau saya pribadi, jika saya memiliki pasangan yang penyayang, dewasa, attitudenya baik, setia, dan pekerja keras sudah pasti saya akan memperjuangkannya. Bahkan jika ia belum jadi pasangan saya tetapi memiliki kriteria itu, saya yang akan mengambil inisiatif duluan untuk mendapatkannya, karena di saat seperti ini kriteria tersebut sudah jarang sekali kita temui alias langka. Maka dari itu, kalau menemukan orang yang seperti itu tidak mungkin untuk di sia-siakan.

Pasangan yang perlu diperjuangkan versiku sih kalau dia orangnya dewasa, pengertian, pekerja keras, sayang keluarga, jujur, paham agama, dan yang paling penting setia. Jujur, seseorang yang memiliki kepribadian seperti ini yang ingin Saya perjuangkan. Harapan Saya pasangan hidup nantinya bisa menuntun Saya menjadi pribadi yang lebih baik, menuntun Saya ke jalan yang benar bukan ke jalan ke sesat, dan bisa menjadi suri teladan untuk anak jika kita menikah dan memiliki anak kemudian. Tapi, mungkin pasangan yang seperti Saya inginkan akan sulit digapai jika Saya tidak berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jadi, Saya juga harus berusaha untuk menjadi versi terbaik jika ingin memperjuangkan orang seperti yang Saya gambarkan tadi.