Menurut kalian, kerja yang ideal itu bagaimana?

images1

Dalam memaknai pekerjaan yang ideal, terkadang terdapat perbedaan antara satu pendapat dengan pendapat lainnya. Di satu sisi, mereka memaknai kerja yang ideal itu bekerja dalam kurun waktu tertentu dalam satu hari atau dapat dikatakan seusai dengan jam kerja yang telah di tetapkan. Namun, di sisi lain terdapat juga pendapat yang memaknai kerja yang ideal itu dengan waktu yang fleksibel dan sesuai dengan jadwal mereka sehari-hari. Tak hanya itu saja, terdapat juga pendapat lain, seperti kerja yang ideal itu ya bekerja di kantor. Di satu sisi, terdapat pendapat bahwa kerja yang ideal itu dapat membawa pekerjaan kemanapun mereka pergi, tidak hanya pada tempat kerja saja, tetapi juga dapat di tempat-tempat lain, seperti rumah.
Perbedaan pendapat tersebut kerap hadir ketika memaknai kerja yang ideal itu seperti apa. Setiap orang pasti punya makna tersendiri terhadap kerja yang ideal. Nah, menurut Youdics gimana sih kerja yang ideal itu?

Referensi

Gambar berasal dari Shutterstock dikutip melalui Digination.id

6 Likes

Menurut saya, pekerjaan yang ideal adalah pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan passion yang kita miliki. Karena apabila kita melakukan sesuatu yang sesuai dengan minat kita, maka akan terasa menyenangkan dan dapat mengurangi rasa bosan atau jenuh ketika melakukannya. Selain itu pendapat saya terkait pekerjaan yang ideal yaitu pekerjaan yang sekurang-kurangnya dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat baik itu uang, karya, atau yang lainnya.

4 Likes

Saya juga sependapat sama mba dwike, emang bener kalau kerja ideal itu yang sesuai dengan passion kita sendiri, bisa menyenangkan untuk kerja dalam waktu yang lama.

Mungkin kalo untuk jaman sekarang pernyataan tersebut sekiranya susah untuk diwujudkan sih, karena melihat lapangan kerja yang semakin sedikit dan tidak diimbangi dengan skill para pekerja yang mumpuni :grinning:

3 Likes

Idealnya suatu pekerjaan menurut saya sangat subjektif tergantung pada passion atau pekerjaan yang mereka inginkan dan apakah pekerjaan tersebut dapat memenuhi kebutuhannya terutama kebutuhan primer dan sekunder sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kualitas hidup.

Contohnya untuk diri saya pribadi pekerjaan yang ideal atau yang saya impikan adalah menjadi seorang akuntan/auditor yang mungkin akan berbeda dari teman2 lainnya.

3 Likes

Ekspektasi saya sangat tinggi untuk kata ideal, oleh karena itu, bagi saya pekerjaan ideal itu adalah sebuah pekerjaan yang sesuai dengan konsep ikigai.

Ikigai sendiri adalah konsep hidup yang populer bagi orang Jepang. JIka dituangkan dalam diagram, konsep ikigai terdiri dalam 4 kuadran. dimana masing masing kuadran berisi

  1. What you love
  2. What you are good at
  3. What you can be paid for
  4. What the world needs.

Jika sesuatu yang kita lakukan atau pekerjaan kita memenuhi ke empat poin di atas, maka bisa dikatakan bahwa pekerjaan kita merupakan pekerjaan yang ideal bagi kita.

dan tentunyaaa… bukan hal yang mudah haha, mungkin terpenuhi satu poin saja sudah cukup bagi saya, tidak perlu menjadi pribadi yang idealis di dunia yang penuh kejutan ini ><

9 Likes

Ohiyaaa ini, bener sih aku juga setuju
banget konsepnyaa. Tapi baru mau otw baca bukunya, telat banget ya :relieved: :dizzy_face:

1 Like

Setuju banget sama pendapat teman-teman diatas. Aku pribadi juga mengerti bahwa pendapat mengenai kerja yang ideal itu sangat subjektif. Terkadang juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar seseorang dalam hidupnya.
Kalau menurutku, pekerjaan yang ideal itu ya sesuai dengan passion yang kita miliki. Apabila sesuai dengan passion kita, maka kita akan menjalaninya dengan enjoy. Namun, terkadang dunia tak semudah itu untuk mendapatkan apa yang sesuai dengan passion kita. Terkadang, dalam bekerja kita perlu untuk sedikit berbeda dengan passion yang kita miliki. Jadi, kita perlu untuk ikut berproses dan berjalan bersama dengan perubahan yang ada di dunia ini.

1 Like

Setelah baca pendapat Iko mengenai konsep Ikigai, aku jadi tertarik buat membaca lebih mengenai mengenai konsep Ikigai tersebut.
Aku jadi pengen ikut baca bukunya juga nih :grinning_face_with_smiling_eyes: buat nambah pengetahuan dan pengalaman gitu.

Baik, mari kita berandai-andai sejenak. Sebenarnya menurut saya tidak ada pekerjaan yang ideal, karena standar ideal itu sendiri relatif. Tapi karena penanya menanyakan demikian, saya akan jawab sesuai dengan subyektifitas saya sendiri.

Pekerjaan yang ideal menurut definisi saya harus memenuhi dua kriteria utama:

  1. Sejalan dengan minat dan bakat

  2. Gaji yang layak untuk hidup (syukur kalau ada lebihnya)

Poin pertama adalah kriteria yang idealis, sementara poin kedua sifatnya lebih pragmatis. Seringkali dalam mencari pekerjaan, kita harus mengorbankan salah satu atau mencari titik tengah dari kedua aspek tersebut. Misal, pekerjaan sesuai minat dan bakat, tapi gajinya tidak terlalu besar. Atau gajinya lumayan atau bahkan besar, tapi tidak sesuai minat bakat.

Nah pekerjaan yang paling ideal adalah yang bisa memenuhi kedua kriteria diatas tanpa kompromi.

Apakah ada pekerjaan yang seperti itu? Saya kembalikan lagi ke pendapat teman-teman.

3 Likes

Betul sekali apa yang diutarakan oleh Nicho. Pendapat mengenai pekerjaan yang ideal itu terkadang dapat memperlihatkan idealitas dari seseorang. Seperti yang sudah saya utarakan bahwa terkadang kita perlu untuk sedikit berbeda dengan passion yang kita miliki. Mungkin, dari situ dapat membawa kita untuk mempelajarai hal-hal yang sebelumnya belum pernah kita pelajari. Tak jarang juga muncul dilemma dalam pekerjaan seperti yang diutarakan oleh Nicho.

Nah, berarti pemaknaan kerja yang ideal tersebut kembali pada preferensi dari masing-masing individu.

Oh ya mau menambahkan, ada satu faktor lagi dalam memilih pekerjaan yang ideal yaitu ketersediaan lowongan kerja. Kalau lowongan terbatas kita ngga bisa dong pilih-pilih :grinning_face_with_smiling_eyes:

1 Like

Iyaaa benar banget Nicho :sweat_smile:
Kalau lowongan terbatas, kita sebagai jobseeker perlu untuk pintar dalam mencari kesempatan pekerjaan yang ditawarkan dan sesuai apa yang kita cari juga.

1 Like

Kerja mau di kantor di rumah di tempat umum menurutku tidak masalah karena yang terpenting kita tidak merasakan beban dalam menjalaninya, karena apa yang kita kerjakan akan berpengaruh ke kebahagiaan kita sendiri, itu kerja yang ideal. Kita kerja tentu inginnya sesuai dengan passion dan keinginan yang ada dalam diri kita dong? karena pasti kita akan melakukannya dengan sepenuh hati walaupun seberat apapun pekerjaan itu, jika kita sudah menyelesaikan pekerjaan tersebut pasti ada kepuasan dalam diri kita sendiri dan hal itu juga bentuk apresiasi terhadap diri kita kaena sudah mau bekerja keras dan berusaha. Berbeda jika kita bekerja tapi kita tidak merasakan kenyamanan dalam menjalaninya, pasti akan terasa berat dan tidak jarang hal tersebut akan menjadi beban tersendiri bagi kita yang tengah menjalaninya.

2 Likes

kalo boleh tau, kaka sendiri sudah memenuhi yang mana? apakah sudah merasa puas akan pencapaiannya? atau merasa ingin lebih mencari pekerjaan yang yang sesuai dikuadran lainnya?

1 Like

Menarik yaa… menurut saya makna “ideal” pun bagi masing-masing orang pun berbeda. Saya sepakat juga bahwa bekerja lebih baik memang sesuai dengan passion yang kita miliki, namun percayalah meskipun kita bekerja di bidang passion kita, belum tentu kita merasa senang melakukan pekerjaan tersebut. Pasti ada hal-hal dari faktor eksternal maupun internal yang bisa menghambat pekerjaan kita. Nah kita harus mengelola faktor-faktor ini agar membuat kita nyaman dengan pekerjaan kita. Kita harus merelakan beberapa hal untuk mendapatkan rasa nyaman dalam bekerja. Entah itu bekerja tidak sesuai dengan passion, ataupun bekerja di lingkungan yang keras dan tegas. Semua ini adalah bagian dari perkembangan diri kalian untuk menjadi pribadi yang lebih baik!

1 Like

Waduh, keren banget sih kalau sampai nemu kerja yang tidak kita rasakan bebannya :laughing:. Sepanjang pengalaman saya melalang buana bekerja tidak pernah sekalipun menemukan pekerjaan yang tidak memiliki beban. Bahkan ketika saya memutuskan untuk tidak bekerja dan membuat usaha sendiri, wah beda lagi tingkat bebannya :laughing::laughing:

Tapi saya sepakat kok dengan pendapat kak @safiralsa bahwa selama kita bahagia dengan pekerjaan tersebut maka dapat dikatakan pekerjaan tersebut ideal bagi kita saja tentunya. Sebagai intermezzo dunia kerja coba deh baca kutipan dalam buku Ubur-Ubur Lembur si Raditya Dika

Menjadi karyawan memang hidup aman. Makan dari gaji, bekerja mengikuti perintah atasan, dan sekali-kali , diledekin sama orang semacam ini. Tapi gue juga berpikir kalau gue bekerja lima kali lebih keras, gaji yang gue dapat nggak lima kali lebih banyak.
Raditya Dika, Ubur-ubur Lembur

Good luck finding ur own ideal job!

menurut saya kerja yag ideal adalah kerja tanpa paksaan, bekerja dengan setulus hati karena kita senang. itu saja

Saat ini saya menjadi mahasiswa di jurusan Teknik Fisika, jujur saya menyukai bidang itu namun saya masih akan mengatakan kalau saya masih tidak terlalu baik dalam bidang itu. Keilmuan teknik fisika rasanya juga dibutuhkan bagi dunia ini karena cangkupannya yang luas, namun saya tidak dibayar untuk mempelajarinya, malahan saya membayarnya. Oleh karena itu saya baru memenuhi dua dari empat yaitu ;(1) What the world Needs, dan (2) What you love.

1 Like

Menurut aku kerja yang ideal itu saat value yang kita kasih untuk pekerjaan sebanding dengan value yang nantinya akan kita dapat dan yang terpenting mental kita tetap sehat saat menjalankan pekerjaan itu.

1 Like

Menurutku, kerjaan yang ideal itu adalah kerjaan yang tentunya sesuai bidang yang disenangi dan passion dari si pekerja itu. Kemudian kerjaan yang dilakukan oleh si pekerja dengan senang hati dan tanpa paksaan. Kemudian kerjaan yang dilakukan dan ketika lelah membuat kita bahagia wkwk. Ya intinya setiap orang punya kriteria kerjaan yang ideal menurut mereka masing masing.

1 Like