Menurut Kalian Apakah Sajakah Film - Film Yang Menurut Kalian Sangat Menginspirasi?

Tidak jarang ketika kita menonton sebuah film, kita menemukan nilai - nilai yang dapat menginspirasi kita dalam berbagai aspek dalam kehidupan. Terkadang kita menemukan film - film yang selain menginspirasi juga memberikan pengetahuan dan berbagai macam perspektif baru mengenai berbagai macam hal. Ada banyak sekali film - film baik dari Indonesia maupun dari luar negeri yang memiliki dan memberikan penontonnya nilai - nilai semacam itu yang dikemas di dalam plot yang menarik sehingga penyampaian dari nilai - nilai tadi menjadi lebih maksimal.

Saya sendiri memiliki beberapa list dari film - film yang inspiratif dan bisa untuk kalian tonton jika ada waktu senggang seperti *A Beautiful Mind (2001) *, yang menceritakan kisah nyata dari John Nash, seorang ahli matematika jenius yang diperankan oleh Russel Crowe, Einstein and Eddington (2008) yang menceritakan kisah Albert Einstein dan Sir Arthur Eddington dalam keberhasilan mencetak sejarah baru dalam ilmu pengetahuan, dan Ford vs Ferarri (2019) yang menceritakan kisah - kisah hebat dari persaingan pembuat mobil terkenal Ford dan Ferarri pada tahun 1960-an.

Nah menurut youdics sekalian, film - film apa sajakah yang menurut kalian sangat inspiratif dan juga insightful yang pernah kalian tonton dan apa alasannya ?

Untuk saya pribadi film yang paling menginspirasi saya adalah film First Love (A Little Thing Called Love) serial ditahun 2010. Dimana didalam film tersebut menceritakan sebuah wanita yang sederhana dan tidak mampu berpenampilan menarik juga wanita yang bodoh dalam akademis namun mencintai kakak kelasnya yang seorang ketua club sepak bola disekolah yang menjadi idola para wanita. Dengan rasa kecintaannya tersebut juga ejekan-ejekan dari teman-temannya yang membuat wanita tersebut bertransformasi menjadi wanita yang paling cantik, pintar dan menjadi idola di sekolahnya.

Film Lion (2016) mengisahkan seorang anak berusia 5 tahun bernama Saroo yang terpisah dari keluargaanya saat menemani kakaknya mencuri batu di sekitar stasiun kereta. Karena lama menunggu dia tidak sadar tertidur di salah satu gerbong kereta yang membawanya ke kota lain. Akhirnya Saroo tersesat dan tidak bisa kembali ke kota asalnya setelah lama berusaha pulang, kemudian dia dibawa orang ke polisi dan pada akhirnya dia harus tinggal di panti asuhan. setelah beberapa lama akhirnya dia diadopsi oleh keluarga asal australia, akhirnya dia tumbuh dewasa dan hidup dengan senang bersama keluarga barunya. Dua puluh tahun kemudian, Saroo teringat pada masa lalunya setelah ia berkumpul dengan teman-teman kuliahnya yang berasal dari India. Saroo kemudian berniat untuk mencari kembali keluarga kandungnya. Ia memanfaatkan Google Earth untuk menemukan desa tempat tinggalnya dulu.

Hal yag menarik dari film ini adalah meskipun sudah hidup dengan nyaman ia tidak melupakan keluarga dan ibunya. dia terus berusaha mencari ibunya sampai bertemu kembali. Jadi sesukses apapun diri kita jangan sampai lupakan orang tua yang sudah melahirkan dan merawat kita dari kecil.

Saya merupakan rang yang sangat menyukai film. Menurut saya sangat banyak pesan moral yang disampaikan melalui sebuah film bahkan ada yang menginspirasi penonton.
The Greatest Snowman. Perjalanan hidupnya pun tidak pernah lepas dari berbagai masalah. Bahkan saat dia berada di puncak karirnya. Sebuah kejadian bahkan membuatnya hampir kehilangan semuanya, bahkan istrinya. Saat itulah baru ia sadari yang selama ini ia perjuangkan hanyalah ego nya. Saat Barnum sadar, ia mulai bangkit kembali dan meraih masa kejayaannya bersama sang istri.

Imperfect. Film ini berkisah tentang Rara, seorang wanita muda yang setiap harinya harus berjuang menutup telinga dari ocehan orang-orang mengenai dirinya. Dari film ini saya belajar bahwa kita harus menerima dan mencintai diri kita sendiri.

Life of Pi. Film ini menceritakan pengalaman hidup Piscine Molitor Patel atau Pi Patel. Dia adalah anak kedua dari pemilik kebun binatang di Pondicherry, India. Dalam perjalanan, badai tiba-tiba datang. Ombak bahkan membuatnya terjatuh ke sebuah sekoci bersama dengan zebra, orang utan dan seekor harimau bernama Richard Parker. Meski hidup dalam ancaman maut, Pi tak menyerah dan berusaha bertahan hidup.

Nah, itu beberapa contoh film yang memiliki pesan moral dan wajib ditonton. Sebenarnya masih banyak film yang memiliki pesan moral dan menginspirasi yang saya tonton tetapi karena terlalu banyak saya hanya memberikan beberapa contoh. Menurut saya menonton film bukan jadi hiburan semata tetapi juga bisa menjadi pembelajaran bagi penontonnya.

Helen Keller: Miracle Worker. Film ini sangat menginspirasi saya karena ini film yang membuat saya memahami bahwa setiap manusia perlu sebuah ‘bahasa’ untuk bisa menyampaikan perasaannya. Bahkan bahasa yang mungkin bagi sebagian orang dianggap tabu dan jadi akal-akalan saja. Bercerita tentang Helen Keller yang terlahir buta, tuli, dan bisu yang tidak mampu untuk berbahasa sehingga harus meluapkan apa yang dirasakannya dengan emosi atau amukan dan berujung dianggap gila oleh keluarganya. Saya sangat tersentuh ketika seorang guru sekaligus caregiver yang direkrut oleh ibu Helen begitu tulus dan sabar memberikan pengajaran kepada Helen Keller tentang bagaimana berkomunikasi dengan orang lain, tata krama, bersosialisasi, dan hal-hal yang belum pernah dia dapatkan sebelumnya.