Menurut Anda Siapa Pelukis Lukisan Terbalik?

Salah satu karya seni lukis yang unik adalah lukisan terbalik. Siapa pelukis dari karya seni unik ini dan bagaimana karya-karyanya?

Georg Baselitz adalah seorang pelukis asal Jerman kelahiran tahun 1938 yang di Amerika dikenal sebagai pelukis beraliran neo-ekspresionis, tapi di Eropa dia dikenal sebagai pelukis beraliran postmodern. Karirnya mulai menanjak di sekitar tahun 1960-an ketika polisi mengambil tindakan karena salah satu karyanya, Die große Nacht im Eimer, dianggap provokatif dan terlalu seksual. Bukan hanya provokatif, Georg juga kurang menghargai para pelukis perempuan, karena menurutnya perempuan nggak bisa melukis sebaik laki-laki. Wah. Lukisan Georg yang termahal tercatat laku dengan harga £3.2 juta. Sedikit lebih rendah dibanding karya Yayoi Kusama, seorang pelukis wanita yang lukisannya terjual dengan harga £3.8.

Georg sering membuat lukisan potret diri dengan menggunakan pen, tinta, dan cat air. Seperti lukisan di atas, contohnya. Sekilas nggak terlihat seperti lukisan wajah manusia, karena posisinya yang terbalik. Lebih mirip seperti lukisan abstrak, dan itu memang tujuan Georg untuk membuat semua lukisannya terbalik. Dan salah satu ciri khasnya lagi, dia sering kali menggunakan kata “zero” yang mungkin menggambarkan ketiadaan, atau bahkan kematian.