Menurut anda, kota manakah di Indonesia yang sering dikunjungi turis asing?

Pulau Bali adalah salah satu pulang yang berlokasi di sisi timur Pulau Jawa yang memang sudah sangat terkenal dengan destinasi wisata cantik kelas dunianya. Di Indonesia sendiri bahkan menjadi tempat wisata nomor satu yang paling sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Sehingga tidak heran jika Pulau Bali menjadi tempat wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan asing atau turis asing. Tidak hanya menawarkan keindahan alamnya yang membuat mata ingin tetap tinggal dan tidak beranjak sedikitpun dari kota ini. Akan tetapi, Bali juga tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja tetapi juga kuliner serta keramah-tamahan orang-orang asli yang tinggal di Bali serta budaya yang masih dilestarikan dengan begitu kental, yang menjadikan Bali menjadi tempat yang paling sering dikunjungi oleh turis baik lokal maupun mancanegara.

Kita sudah tau bahwa Bali merupakan Provinsi paling banyak dikunjungi. Namun selain bali, akhir-akhir ini NTT, NTB dan Lombok tak kalah banyak dikunjungi berkat tempat wisata alamnya dan budaya yang begitu indah.

Yogyakarta.
Saya bukan orang Jogja , jadi tidak tahu betul seberapa mudah menemui orang asing di sana. Namun, yang saya katakan adalah berdasarkan pengamatan saya setelah mengunjungi kota ini berkali-kali. Faktanya, apa yang menjadi destinasi wisatawan lokal, juga menjadi tujuan dari turis asing. Misalnya candi, pantai, wisata alam, saya menjumpai cukup banyak turis asing yang berlalu lalang. Bedanya dengan Bali, jika di Bali di hampir setiap tempat kita bisa dengan mudah menemukan turis asing, tapi di Yogyakarta menurut saya hanya beberapa tempat tertentu yang memang menjadi primadona versi mereka.

Ada banyak kota di Indonesia yang menjadi tujuan wisata turis asing, tidak hanya Bali. Meskipun memang yang paling di kenal adalah Bali. Kota atau wilayah lainnya yang banyak dikunjungi turis itu ada Yogyakarta, Jakarta, Lombok, Malang (biasanya ke Bromo), juga Bandung.

Kota-kota tersebut merupakan kota besar dan terkenal di Indonesia, jadi pasti banyak dikunjungi oleh wisatawan asing.

Jakarta, karena merupakan ibukota negara sehingga banyak turis asing yang melakukan penerbangan pertama dari negaranya ke kota ini. Bahkan berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik,) untuk periode 2018-2020, total kunjungan ke objek wisata unggulan di Jakarta cukup tinggi. Pada 2018-2019 tercatat sekitar 32 juta lebih. Namun di periode 2020 mengalami penurunan drastis yaitu 4,7 juta karena situasi pandemi. Meskipun pada tahun 2021 ini, jumlah kunjungan turis asing di Indonesia menurun cukup drastis dimana bandara Soekarno-Hatta menerima sejumlah 1.071 kunjungan dari mancanegara, dan mengalami penurunan sebesar -76,03%

Jakarta sendiri memiliki beberapa destinasi wisata unggulan di antaranya ada Monas, Pelabuhan Sunda Kelapa, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ancol, Museum Nasional, Ragunan dan banyak lagi.

Referensi

Hmm…Kalau menurut saya sendiri, Bali memang menjadi destinasi wisata kelas dunia yang paling banyak dikunjungi oleh turis asing karena keindahan alam, budaya, dan keramah - tamahan penduduknya. tempat- tempat seperti Pantai Kuta, Uluwatu, Ubud, Gianyar, dan lain sebagainya menjadi destinasi - destinasi wisata favorit para wisatawan dari seluruh dunia. Menurut saya Bali memiliki persamaan dan kemiripan dengan Hawaii atau Maldives karena keksotisannya. Selain Bali, mungkin daerah - daerah lain yang juga menjadi tempat melancongnya para turis asing ada Jakarta, Yogyakarta, NTT, dan NTB.

Di Jakarta yang saat ini posisinya adalah sebagai ibu kota negara dan pusat perekonomian yang kaya akan sejarah, kita bisa melihat banyak turis asing yang wara - wiri di spot - spot ikonik di Jakarta seperti Monas, Bundaran HI, Kota Tua, Kawasan Sudirman, dan lain sebagainya. sementara di Yogyakarta, kebanyakan turis asing pasti akan mengunjungi kawasan Malioboro dan juga komplek keraton Yogyakarta, Lalu untuk NTT dan NTB menurut saya juga saat ini mulai banyak dikunjungi turis asing karena pemandangannya yang tidak jauh berbeda dengan Bali.

Selain tempat - tempat di atas, masih ada Malang dan Bandung sebagai kota di Indonesia yang paling sering dikunjungi oleh turis asing.