Menurut anda dari manakah asal kata Wakanda dalam film Black Panther?

Wakanda merupakan sebuah negara yang memiliki kemampuan teknologi luar biasa yang disembunyikan dari pertikaian dunia. Wakanda sendiri memiliki pemimpin yang disebut black panther? menurut anda darimanakah asal kata Wakanda?
image

Saya juga tertarik mengenai hal ini. Dalam fim Black Panther sendiri Wakanda dikatakan sebagai sebuah negara di benua Afrika. Masih menjadi perdebatan lokasi tempatnya Wakanda tetapi beberapa pendapat percaya ia beradai di Afrika Timur dan berada di Barat Laut negara Kenya. Terdapat pula pendapat Wakanda beradai antara Ethiopia, Sudan Selatan dan Uganda yang sebenarnya merupakan sebuah gurun yang luas.

Terdapat pula sebuah pernyataan

Wakanda’s location was also confirmed in an Easter Egg in Iron Man 2 as it was shown on a map behind Tony Stark having a chat with Nick Fury.

Menurut Marvel’s Page, terdapat sebuah negara kecil yang terdapat ditengah Africa yang dikelilingi oleh Narabio, Uganda, Kenya, Somalia, dan Ethiopia. Tetapi menurut penulis Atlantic dan pengarang Ta-Nehisi Coates Wakanda berada pada

“In my imagination, Wakanda is a small country in East Africa, just off the Western Coast of Lake Victoria,” Coates explained in an Atlantic post chronicling his takeover of the series. “It is bordered by four other mythical countries in the Marvel canon—Mohanda to the North, Canaaan to the West, Azania to the Southwest, and Niganda to the Southeast.”

Dimanapun letak Wakanda menurut saya bukan hal yang perlu di perdalam, karena sudah biasa dalam sebuah film menciptakan suatu setting dengan nama yang berbeda, fiktif ataupun settingan. Point yang dapat diambil adalah Wakanda menjadi cerminan bahwa pada dasarnya bangsa Afrika bukanlah bangsa yang patut dikatakan terbelakang, karena mereka masih memiliki potensi dan harapan yang besar. Mereka memiliki kesempatan berkembang sama seperti bangsa lain.