Menurut Anda Bisakah Memadukan Sains dengan Seni?

Menurut anda bisakah sebuah seni dipadukan dengan ilmu sains yang notabene merupakan ilmu pasti. Jika iya, adakah contohnya?

Menurut saya hal ini mungkin terjadi, John Sabraw dapat memuat apapun menjadi benda seni dan patung, dan sampai hari ini ketrampilannya masih tetap sama. Sebagai seorang seniman profesional, Sabraw membawa prinsip yang sama ke dalam karya seninya, dan selalu terinspirasi oleh sains dan alam sekitarnya.

Berpasangan dengan seorang insinyur dari Ohio University, Dr. Guy Riefler, mereka mengembangkan jenis cat baru yang dibuat dari sisa-sisa pertambangan batu bara di Ohio. Banyak pertambangan batu bara di sana yang terbengkalai, karenanya mereka tidak pernah kekurangan bahan.

Zat besi dan beberapa jenis limbah tambang yang keras sebenarnya meracuni sungai di sekitarnya, membunuh ikan-ikan, dan merusak ekosistem. Riefler dan Sabraw menemukan cara untuk mengekstrak limbah tambang itu dari sungai dan mengubahkan menjadi pigmen. Zat besi yang menjadi bahan utama dalam pembuatan cat untuk warna kuning dan merah dibuat dari bahan tambang yang sudah tua dan berkarat.

Sabraw mendemonstrasikan bagaimana ia mencampur pigmen-pigmen itu dengan minyak untuk menciptakan warna mahogani. Tentu saja tujuannya adalah untuk mengkomersialisasikan cat buatannya. Keuntungannya akan digunakan untuk membersihkan sungai-sungai di Ohio yang tercemar. Cat karya Sabraw ini dijamin aman untuk digunakan dan tidak akan mencemarkan lingkungan sekitarnya.