Menurut Anda Bagaimana Sejarah Seni Lukis Cirebon?

Cirebon merupakan wilayah yang memiliki pelabuhan di Pantai Utara Jawamerupakan wilayah yang sangat terbuka,hingga memungkinkan masuknya pengaruh berbagai aspek budaya dari luar. Bagaimana menurut anda perkembangan karya seni rupa terutaman seni lukis di wilayah ini?

Sebelum masuknya Islam, Cirebon merupakan wilayah yang sarat dengan budaya Hindu dan Budha. Setelah mendapat pengaruh budaya Islam Mataram, budaya Jawa Tengah juga masuk sehingga bahasanyapun merupakan bahasa dialek Cirebon. Budaya yang mempengaruhi Cirebon dari luar Jawa adalah dari Cina dan Barat. Salah satu aspek budaya yang masuk ke Cirebon dan kemudian menghadirkan gaya lukisan kaca adalah dari Cina yang sudah lama mengenal teknik melukis terbalik di atas kaca. Pada pertengahan abad ke-19 lukisan kaca Cina dikenal di Cirebon, oleh karenaunik maka pihak Istana Cirebon tertarik. Bila semula yang mengerjakan adalah artisan-artisan Cina, kemudian dengan cara meniru, artisan-artisan dari Cirebon sendiri bisa menguasai tekniknya, walau semula sangat sederhana dan selalu bersifat dua dimensional.

Seiring dengan perkembangan dan perubahan zaman, seni lukis kaca Cirebon yang semula dikerjakan oleh para seniman dan artisan sebagai kegiatan sambilan, kini karena adanya tuntutan ekonomi yang meningkat maka seni lukis kaca sudah pula ditekuni secara serius baik dari segi tekniknya maupun dari segi bentuknya. ema-temanya pun telah bertambah meluas dengan mengolah tema-tema yang lebih profan.Tokoh-tokoh seni lukis Cirebon adalah: Soedarga (1920-1999), Rastika, Studio Adjib, Toto Sunu, Haryadi Suadi, Eko C. Masadi, Salim, Ahmad Opan Safari Hasyim.