Menurut Anda Bagaimana Optical Art “Bridget Louise Riley” ?

Salah satu contoh lukisan optical art adalah Bridget Louise Riley. Bridget Louise Riley adalah seorang pelukis Inggris yang merupakan penggagas op art (seni yang menggunakan ilusi optis), seni yang mengeksploitasi kekeliruan penangkapan mata manusia. Apa makna dari lukisan bergaya optical art ini?

Bridget Louise Riley adalah seorang pelukis Inggris yang merupakan penggagas op art (seni yang menggunakan ilusi optis), seni yang mengeksploitasi kekeliruan penangkapan mata manusia.
Riley mulai menyelidiki warna pada tahun 1967, tahun di mana dia menghasilkan lukisan stripe pertama. Pengenalan Riley untuk pekerjaannya warna adalah sesuatu yang sangat berhati-hati dari. Masing-masing warna mempengaruhi dan dipengaruhi oleh warna-warna sebelahnya.

Dari tahun 1967 dan seterusnya Riley semakin mulai menggunakan warna. Dia juga mulai menggunakan bentuk yang lebih stabil – garis lurus atau bergelombang vertikal yang sederhana. Posisi warna itu sendiri yang menghasilkan nuansa gerakan yang ingin sampaikan.
Setelah perjalanan ke Mesir pada awal tahun 1980, di mana ia terinspirasi oleh warna-warni hieroglif dekorasi, Riley mulai mengeksplorasi warna dan kontras. Riley menciptakan warna dia menyebutnya dengan ‘palet Mesir’. Menjelang akhir pekerjaan 1980 Riley mengalami perubahan dramatis dengan reintroduksi diagonal dalam bentuk urutan jajaran genjang digunakan untuk mengganggu dan menghidupkan garis-garis vertikal yang ditandai lukisannya sebelumnya, misalnya; biru, pirus, dan warna alternatif dengan kuning , merah dan putih.

Karya Bridget Riley bergerak semakin jauh membangun dari sensasi menimbulkan respon persepsi, dan sebaliknya menuju seni sensasi penglihatan murni, mengobati bentuk dan warna sebagai ‘identitas utama’.Unit warna diatur sesuai dengan prinsip-prinsip hubungan dan interaksi berwarna, tapi semakin dihubungkan dengan implikasi ritme, ruang dan kedalaman.
Riley mulai memasukkan unsur-unsur diagonal ‘permen’ naik dari kiri ke kanan yang melintasi vertikal, menghancurkan pesawat gambar. Pesawat warna bergantian maju dan surut, sehingga menimbulkan kontras dalam warna, nada, kepadatan dan arah.