Menurut Anda Bagaimana Ciri Gaya Seni Renaissance?

Gerakan Renaissance dimulai di abad ke-16, tak lama setelah berakhirnya Abad Kegelapan (abad 10-15). Menurut anda bagaimana ciri dari karya seni bergaya renaissance?

Salah satu ciri khas dari seni zaman Renaissance adalah lukisan-lukisan yang realis namun memiliki perspektif yang linear. Prinsip perspektif dan titik hilang baru digunakan sejak penelitian catatan arsitektur Yunani didemonstrasikan oleh Filipo Brunelleschi. Penggunaan perspektif merupakan langkah pertama menuju realisme. Seniman-seniman lain mulai mengembangkan teknik-teknik baru, seperti mempelajari cahaya dan bayangan, dan kemudian–dipelopori oleh Leonardo da Vinci,– anatomi.

Lukisan-lukisan yang hadir di era ini awalnya menggambarkan peristiwa-peristiwa dari mitologi. Namun, penggambaran mitologi erat hubungannya dengan penyembahan dewa-dewa yang dianggap pagan atau kafir oleh Gereja. Akhirnya, lukisan-lukisan Renaissance berhenti menggambarkan mitologi dan lebih banyak melukiskan peristiwa-peristiwa dari kitab suci. Ciri khas lain dari Renaissance adalah, meskipun yang dilukiskan adalah peristiwa dari kitab suci, tapi setting tempat dalam lukisan-lukisan tersebut adalah keadaan abad 16.