Menurut Anda apakah calo itu penting ?

Calo merupakan penghubung antara pengguna jasa dengan orang yang menyediakan jasa, fungsi calo biasanya untuk mempercepat proses namun tak jarang juga menyalahi aturan yang ada, contohnya pengurusan SIM dll.

Menurut Anda apakah calo itu penting ?

Keberadaan calo sebenarnya merupakan hal yang ilegal. Tetapi jika melihat kondisi dari pemerintahan dan layanan-layanan yang ada sangat mungkin untuk memunculkan calo-calo ini. Jika layanan yang ada memiliki proses dan alur yang mudah dan tidak membuat masyarakat terbebani, maka bisa jadi tidak ada lagi calo-calo untuk membuat SIM, KTP, dan lain sebagainya. Karena sebenarnya biaya yang dikeluarkan untuk membayar calo ini juga tidak murah. Para calo ini mematok harga mahal karena mereka merasa bisa untuk membantu mempercept pengurusan misal SIM, KTP dan lain sebagainya.

Calo disini adalah orang yang menjadi perantara dan memberikan jasanya untuk menguruskan sesuatu berdasarkan upah. Kalau melihat definisi diatas, tidak ada masalah dengan menggunakan calo untuk menguruskan sesuatu. Bahkan untuk orang-orang yang sibuk, keberadaan calo menjadi sangat penting. Disitulah muncul simbiosis mutualisme, dimana kerjasama antara pemberi jasa dengan yang membutuhkan jasa saling menguntungkan satu sama lain.

Permasalahannya adalah, apakah secara sistem calo itu diperbolehkan ?

Untuk setiap pengurusan yang harus dilakukan sendiri, maka penggunaan jasa calo menjadi tidak sah, karena ada prosedur yang dilanggar, tetapi kalau memang secara sistem boleh diwakilkan, maka tidak menjadi masalah menggunakan jasa calo.

Untuk kasus yang kedua, keberadaan calo menjadi penting bagi orang-orang yang memang membutuhkan jasanya. Sayangnya, saat ini, istilah calo menjadi negatif, padahal jasanya banyak dicari oleh orang.