Menurut Anda Apa Yang Dimaksud Dengan Gaya Seni Barok?

Salah satu gaya seni yang berkembang pada zaman reinassance adalah gaya seni Barok. Gaya Barok menggunakan gerak yang dilebih-lebihkan. Jika menurut pendapat anda apa itu Seni Barok?

Dalam seni, Barok adalah istilah untuk suatu periode seni dan gaya seni yang mendominasinya. Gaya Barok menggunakan gerak yang dilebih-lebihkan dan detil yang jelas dan mudah ditafsirkan untuk menghasilkan drama, ketegangan, semangat yang hidup dan keagungan dalam seni patung, lukisan, sastra, dan musik. Gayanya dimulai sekitar 1600 di Roma, Italia dan menyebar ke sebagian besar wilayah Eropa.

Baroque pun pada awalnya diawali dengan kemunculan gejala-gejala estetik yang cukup berbeda dengan warna mayoritas ketika itu. Gejala-gejala ini dapat dilihat dari karya-karya lukisan Annibale Carracci. Karya-karya Caracci memang agak menyimpang ketika itu, kecenderungannya pada gestur-gestur heroik sangatlah menonjol. Dari sudut pandang tertentu, karya-karya lukisan Carracci membawa pada nuansa Renaissance khususnya pada karakteristik visual yang sering terlihat pada karya-karya oleh Michaelangelo. Kecenderungan visual yang dibawa oleh Caracci ini ternyata memberikan inspirasi bagi beberapa pelukis, diantaranya, Michaelangelo Merisi de Caravaggio, Antonio Allegri da Coreggio dan Federico Barocci. Kelak di kemudian hari, karya-karya para pelukis tersebut digolongkan sebagai bentuk Proto-Baroque atau bentuk awal Baroque.