Menu apa saja yang dapat dibuat dari air tajin?

image

Air tajin bisa berasal dari beras merah dan beras putih. Air tajin dibuat dari rebusan beras yang setengah matang, akan lebih maksimal jika dibuat menggunakan dandang khusus buat ngliwet dan mengukus nasi

Air tajin bisa berasal dari beras merah dan beras putih. Air tajin dibuat dari rebusan beras yang setengah matang, akan lebih maksimal jika dibuat menggunakan dandang khusus buat ngliwet dan ngukus nasi. Air tajin diambil ketika beras masih dalam keadaan setengah matang pada rebusan pertama. Ini cara untuk membuat air tajin ketika menanak nasi secara konvensional, menggunakan kompor gas.

Sedangkan cara pembuatan air tajin menggunakan rice cooker/magicom berikut caranya, masak nasi seperti biasa kemudian didihkan air menggunakan kompor, ini untuk mengganti air tajin yang akan kita ambil nanti. Ketika air dalam rice cooker mendidih dan meletup-letup, aduk rata nasi. Kemudian ambil air tajin menggunakan sendok sayur dan masukkan kedalam gelas, gunakan saringan agar beras setengah matang tidak ikut masuk kedalam gelas. Setelah dirasa cukup masukan air mendidih yang tadi kita masak kedalam nasi secukupnya.