Menjaga kesehatan jantung


Penyakit jantung memang menjadi salah satu penyebab utama kematian. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2012 menunjukkan 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Artinya, angka tersebut mencapai 31 persen dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia. Lebih dari tiga per empat kematian akibat penyakit kardiovaskularnini terjadi di negara berkembang, dan berpenghasilan rendah sampai sedang. Bagaimana cara menjaga jantung kita?

Merawat dan menjaga jantung agar tetap sehat memang tidak mudah, tetapi harus dimulai dari sekarang. Mengutip Times Of India, ada 10 cara menjaga jantung tetap sehat:

  1. Kenali lemak berbahaya
    Sebagian besar dari kita tidak tahu perbedaan antara berbagai jenis lemak. Padahal terdapat lemak yang bisa membahayakan jantung. Salah satunya lemak trans atau biasa dikenal sebagai lemak tak jenuh.
    Lemak trans sering didapati pada makanan cepat saji, makanan kemasan dan makanan olahan serta roti. Ini karena lemak tak jenuh meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh Anda dan mengurangi kolesterol baik.
    Namun, lemak tak jenuh terkadang dibutuhkan oleh tubuh.Untuk itu mengontrol pola makanan sangat penting untuk kesehatan jantung.

  2. Jangan duduk terlalu lama
    Pekerjaan yang membuat anda harus duduk terlalu lama harus di hindari. Sebab duduk terlalu lama tidak sehat untuk jantung. Sebab, hasil penelitian menunjukkan duduk terlalu lama meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 147 persen.
    Kemungkinan lainnya adalah kematian akibat penyakit ini juga berlipat ganda. Jadi bisa meningkat kematian hingga 90 persen.

  3. Berhenti merokok
    Seorang perokok aktif akan lebih mudah terkena serangan jantung. Asap pada tokok juga berbahaya bagi kesehatan jantung walaupun Anda tidak merokok, di mana risiko terkena jantung sebesar 30 persen.

  4. Pertahankan kebersihan gigi
    Banyak yang tidak tahu tentang hubungan gigi dengan jantung. Kesehatan gigi berarti mendapatkan kesehatan jantung yang baik. Ini karena faktor risiko penyakit periodontal dan penyakit jantung adalah sama.
    Gigi yang tidak sehat memiliki bakteri yang menyebabkan penyakit gusi masuk ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan kadar protein C-reaktif yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah Anda.

  5. Tidur cukup
    Tidurlah dan beristirahat selama tujuh jam. Sebuah studi menunjukkan mereka yang tidur kurang dari enam jam meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular lebih dua kali lipat, termasuk serangan jantung dan stroke. Hal ini karena kurang tidur mengganggu proses biologis dan dapat mempengaruhi tekanan darah dan menurunkan kondisi jantung.

  6. Kontrol tekanan darah
    Beberapa orang yang memiliki tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung lebih cepat.n antara 75-100 persen. Beberapa pasien mengalami kemajuan yang berarti dengan duet obat peginterferon alpha dan ribavirin. Tapi, duo ini bisa menimbulkan efek samping di antaranya adalah anemia ringan dan bayi cacat lahir. Dokter Anda mungkin juga akan menyarankan jenis obat lain seperti: Boceprevir (Victrelis) Ombitasvir-paritaprevir-dasabuvir-ritonavir (Viekira Pak) Ledipasvir-sofosbuvir (Harvoni) Simeprevir (Olysio) Sofosbuvir (Sovaldi) Telaprevir (Incivek)

Referensi