Menjadi Orang yang Berguna

fai-11-useful-christian

1. Pujilah Diri Anda
Setiap pagi sebelum Anda melanjutkan rutinitas harian Anda, luangkan waktu beberapa menit untuk memberi Anda pujian. Apakah Anda memuji pakaian, potongan rambut, atau bagaimana Anda baru menyelesaikan tugas menggunakan keahlian unik Anda, memberi dorongan emosional sedikit akan membuat Anda bahagia. Dan, ketika Anda bahagia dengan diri Anda sendiri, emosi itu bisa menular ke orang-orang di sekitar Anda.

2. Jangan Membuat Alasan
Menyalahkan pasangan, bos, atau klien Anda tidak membuahkan hasil dan tidak akan membuat Anda sangat jauh. Alih-alih menunjuk jari dan membuat alasan mengapa Anda tidak bahagia atau sukses dalam kehidupan pribadi atau profesional, memiliki kesalahan dan belajar dari mereka. Bila Anda melakukan ini, Anda akan menjadi orang yang lebih baik.

3. Lepaskan Kemarahan
Melepaskan kemarahan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Sementara kemarahan adalah emosi yang normal, Anda tidak bisa membiarkannya membusuk. Bila ini terjadi, Anda mungkin membuat keputusan yang tidak bijaksana, dan yang lebih penting, hal itu dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

4. Belajar memaafkan
Joyce Marter, LCPC, menyarankan agar Anda memaafkan dan melepaskan kebencian. Dia mencatat, "Jika tidak ada alasan lain selain untuk diri sendiri, maafkan diri Anda sepenuhnya dari pengalaman negatif di masa lalu. Luangkan waktu untuk bermeditasi, dan bersyukur atas kebijaksanaan dan pengetahuan yang didapat dari penderitaan Anda.

5. Jadilah Jujur dan Langsung
Jika Anda ingin menjadi orang yang lebih baik baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional Anda, Anda harus selalu mengatakan yang sebenarnya dan katakan sejelas mungkin apa yang ingin Anda sampaikan.

6. Bermanfaat
Apakah menyerahkan tempat duduk Anda kepada orang tua di kereta bawah tanah, membantu rekan kerja dalam sebuah proyek, atau membawa barang belanjaan saat pasangan Anda kembali dari toko, yang membantu adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk berlatih menjadi orang yang lebih baik

7. Dengarkan Orang Lain
Seperti dicatat Jeet Banerjee tentang Lifehack, “mendengarkan orang dan memberikan suara kepada semua orang adalah salah satu hal terbesar yang dapat Anda lakukan.” Dia menambahkan bahwa dia "harus bertemu dengan beberapa orang yang paling menakjubkan, menutup beberapa transaksi terbesar, dan mengembangkan koneksi yang akan membuat saya seumur hidup karena saya meluangkan waktu untuk mendengarkan orang. Menjadi pendengar yang baik dapat mengubah hidup Anda di cara yang positif. "

8. Bertindak Lokal
Ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar, namun mendukung penyebab lokal, menyumbang pakaian, atau membeli dari pasar petani lokal atau bisnis adalah cara sederhana untuk membantu wilayah spesifik Anda.

9. Selalu Bersikaplah Sopan
Berapa banyak usaha yang dibutuhkan untuk mengatakan, “Terima kasih,” atau untuk menahan pintu lift terbuka untuk seseorang? Tidak banyak. Namun, tindakan kebaikan ini bisa membuat seseorang senang.

10. Jadilah dirimu sendiri
Tiffany Mason memiliki lima alasan bagus mengapa Lifehack menjadi dirimu sendiri. Ini termasuk mampu menyesuaikan diri dengan nilai-nilai dan keyakinan Anda, membangun identitas Anda, membangun keberanian, membuat batasan, dan menemukan fokus dan arah.

11. Terbuka untuk Berubah
Anda harus selalu terbuka untuk berubah. Ini memungkinkan Anda untuk tumbuh karena Anda mengalami sesuatu yang baru. Ini membantu Anda berfungsi tinggi dan percaya diri jika Anda tidak waspada terhadap perubahan.

12. Penuh hormat
Bagaimana perasaan Anda jika Anda baru saja membersihkan rumah Anda dan seseorang masuk dan melacak lumpur di mana-mana? Anda mungkin akan sedikit berdetak bahwa mereka tidak melepaskan sepatunya. Ambillah mentalitas ini dan terapkan pada kehidupan sehari-hari.

13. Jangan muncul dengan tangan kosong
Pergi ke pesta akhir pekan ini di apartemen temanmu? Pastikan Anda tidak sampai dengan tangan hampa. Bahkan jika Anda telah diyakinkan bahwa akan ada banyak makanan dan minuman, bawakan sedikit sesuatu untuk ditunjukkan agar Anda menghargai undangan.

14. Mendidik Diri Sendiri
Jika Anda tidak mengerti mengapa satu negara menyerang yang lain, luangkan waktu untuk mendidik diri Anda. Ini juga akan membantu Anda memahami sudut pandang yang berbeda dari Anda sendiri.

15. Mengejutkan orang
Seberapa baik rasanya membuat seseorang tersenyum? Rasanya cukup bagus kan? Kejutkan orang yang Anda cintai atau rekan kerja Anda saat ini, dengan hadiah, suatu malam di kota, atau dengan menawarkan bantuan saat Anda tahu mereka bisa menggunakannya.

source :

Memang sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang dapat berguna bagi orang lain. Gunakan segala kemampuan yang kita miliki baik itu kecil maupun besar. Gunakan kemampuan tersebut untuk menolong orang lain, tujuannya agar kita bisa berguna bagi orang lain.