Meningkatnya Kejahatan Politik Antisemit di Jerman. Apa Itu Waktunya Deja Vu?

Antisemitisme adalah suatu sikap permusuhan atau prasangka sekaligus diskriminasi terhadap kaum Yahudi dalam bentuk-bentuk tindakan penganiayaan/penyiksaan terhadap agama, etnik, maupun kelompok ras, mulai dari kebencian terhadap individu hingga lembaga.

Serangan mematikan di Hanau dan Halle dan penembakan Walter Lübcke terjadi tahun 2019. Jerman menyaksikan peningkatan kejahatan bermotif politik, baik yang dilakukan sayap kanan maupun sayap kiri pada tahun 2019.

Mendagri Jerman, Horst Seehofer mengumumkan, kepolisian Jerman mencatat lebih dari 41.000 kasus kejahatan bermotivasi politik terjadi tahun lalu, naik 14,2% dibandingkan tahun 2018, dengan lebih dari 36.000.

Lebih dari setengah dari semua kasus yang terjadi tahun 2019 itu terkait dengan aktivitas sayap kanan, demikian ditunjukkan statistik dengan tercatatnya 22.342 kasus, meningkat 9,4%. Kejahatan bermotif politik yang dicatat berkisar dari kasus pelecehan verbal, menyebarkan propaganda rasis, ujaran kebencian, hingga penyerangan, pembakaran, dan pembunuhan. Namun juga terjadi peningkatan 23% dalam kriminalitas yang dilakukan oleh sayap kiri, terutama di Leipzig.

Dalam konferensi pers, Seehofer berusaha menghilangkan kekhawatiran bahwa polisi atau pihak berwenang tidak waspada atas kekerasan yang dilakukan sayap kanan. “Ancaman terbesar datang dari sayap kanan, kita harus melihatnya dengan jelas,” kata Seehofer.

Pihak berwenang juga mencatat 2.032 kejahatan yang bermotif antisemitisme – kenaikannya 13% dibandingkan dari tahun 2018. Ini adalah angka tertinggi sejak data statistik dihimpun. Sekitar 93,4% dari kejahatan itu pelakunya sayap kanan. Seehofer mengatakan kejahatan islamophobia, yang juga meningkat sebesar 4% menjadi 950 kasus.
Protes ekstrem kanan dan anti lockdown
Maier, yang juga merupakan politikus Partai Demokrat Sosial (SPD) mengatakan poster kampanyenya telah dirusak dengan gambar swastika (gambar Nazi). Ia telah memperhatikan peningkatan “struktur sayap kanan,” baik dalam bentuk konser, klub bela diri, dan online.

Dia lalu menghubungkan perkembangan seperti itu ke atmosfer politik yang lebih terpolarisasi, dan menyarankan bahwa demonstrasi baru-baru ini yang menentang pembatasan sosial telah sengaja “dirusak” oleh ekstrem kanan.

Data statistik kejahatan bermotif politik dirilis ketika polisi di Jerman pada hari Rabu (27/05) menggerebek 25 tempat yang dikaitkan dengan 31 orang yang dicurigai sebagai anggota gerakan Reichsbürger. Gerakan anti pemerintah tersebut tumpang tindih dengan kelompok-kelompok ekstremis sayap kanan.

Kelompok itu dicurigai membuat dokumen palsu, termasuk paspor, SIM dan akta kelahiran. Razia dilakukan di negara bagian Hessen dan Baden-Württemberg. Sebuah faksi dari kelompok itu secara resmi dilarang oleh Seehofer pada bulan Maret lalu atas tuduhan antisemit dan simpatisan sayap kanan.

Berikan tanggapan Youdics terhadap problematika politik Jerman belakangan ini yuk di komentar!

sumber Meningkatnya Kejahatan Politik Antisemit di Jerman – DW – 29.05.2020

1 Like