Menilai Kualitas Sebuah Informasi

Otak manusia terus mengolah data-data yang ada di lingkungannya menjadi informasi yang bermakna. Manusia memiliki kecenderungan untuk berbagi terus menyebarkan informasi. Tanpa disadari terjadi banjir informasi dalam kehidupan manusia. Informasi yang baik dan buruk terus saja mengalir tanpa ada yang mampu mengontrol. Informasi yang kita terima cenderung satu arah dan sulit untuk dibendung. Sehingga baik atau buruknya informasi akan tetap kita terima terlepas bagaimana respon kita menghadapi informasi.

Dalam konteks sebuah sistem, informasi memiliki atribut-atribut yang menjadi parameter kualitas informasi. Informasi yang berkualitas sangat diperlukan sebagai landasan dari sebuah pengetahuan. Menjadi sangat penting ketika informasi tersebut sebagai dasar dari sebuah pendukung keputusan. Maka kualitas sebuah informasi harus baik pula untuk mencapai keputusan yang tepat.

Menurut ahli, ada beberapa kriteria yang menjadi ukuran kualitas informasi. Dimensi-dimensinya terdapat pada gambar berikut:

Dimensi kualitas informasi (O’Brien & Marakas, 2014)

Secara garis besar terdapat tiga dimensi yaitu Konten (content), waktu (time) dan bentuk (form) (O’Brien & Marakas, 2014). Ketiga dimensi tersebut teruraikan pada tabel berikut:

Selain ketiga dimensi tersebut, ahli lainnya yaitu Mc Leod (2008), mendefinisikan ciri-ciri informasi yang berkualitas adalah:

  1. Akurat : informasi mencerminkan kondisi sebenarnya
  2. Tepat waktu : informasi harus ada saat diperlukan
  3. Relevan : Informasi yang diperlukan sesuai dengan apa yang dibutuhkan
  4. Lengkap : Informasi harus utuh, tidak setengah-setengah

Karakteristik-karakteristik yang menjadikan sebuah informasi menjadi berharga dan berguna bagi kita kembali kita periksa berdasarkan kriteria-kriteria dari dimensi yang ada. Selanjutnya kita sendiri yang mampu untuk mengevaluasi kualitas informasi yang tersedia. Informasi yang sudah ketinggalan zaman, tidak akurat atau sulit difahami akan menjadi kurang berharga bagi seorang pebisnis.

references:
O’Brien & Marakas (2014). Sistem Informasi Manajemen. Salemba Empat: Jakarta Selatan
McLeod & Schell (2008). Sistem Informasi Manajemen. Salemba Empat. Jakarta Selatan