Mengulang mata kuliah yang gagal, apakah terdengar buruk?

Halo Youdics!
Mata pelajaran di perguruang tinggi disebut dengan mata kuliah, yang paling sering kita dengar yaitu adanya sistem SKS, selain itu mata kuliah juga terbagi menjadi dua ada mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Baik mata kuliah wajib atau pilihan ada beberapa standar nilai untuk lulus pada mata kuliah tersebut. Mahasiswa dengan nilai dibawah standar harus mengulang mata kuliah di semester depan. efek dari mengulang mata kuliah ini kamu harus menghapus impianmu untuk lulus tepat waktu dan menjadi sarjana cumlaude.


Lika liku kehidupan mahasiswa itu memang ada saja, banyak senengnya tetapi banyak sedihnya juga. Salah satu yang bikin sedih adalah ketika tidak lulus disalah satu mata kuliah, rasanya dosen itu seperti tidak adil terhadap dirimu, padahal kamu sudah merasa bekerja keras dimata kuliah tersebut malah terkhianati dengan diberi nilai D atau malah E. Belum lagi mendengar berbagai anggapan orang-orang yang tahu bahwa kamu harus mengulang salah satu mata kuliah tersebut. Nah, menurutmu mengulang mata kuliah yang gagal itu apakah terdengar buruk?

Halo mahasiswa, terutama mahasiswa baru. mengulang itu tidak salah dan kamu bukan gagal. jangan beranggapan bahwa kamu mengulang satu mata kuliah kamu salah jurusan. seorang ahli tidak akan menjadi ahli jika dia berhasil dalam satu kali tindakan. kita belajar dari suatu kesalahan untuk menjadi ahli dari suatu bidang. gapapa ga cumlaude, tapi kita tau dengan baik mana yang salah mana yang benar, mana yang fiktif dan mana yang non-fiktif.
masa depan yang baik dan sukses itu tidak ditentukan dari kamu lulus tepat waktu dan cumlaude. tapi bagaimana cara kamu menikmati masa kuliah dengan hal-hal yang bermakna dengan pengalaman yang luar biasa menariknya. emang IPK menunjang karir mu, tapi pengalaman yang kamu miliki lebih menunjang karena pengalaman yang lebih yang akan dilirik recruiter.
hari-hari yang kita lalui berbeda dengan orang, jangan jadikan orang lain sebagai sainganmu. tapi, sainganmu yang sebenarnya adalah dirimu yang kemarin.

Setuju sekali, cumlaude ataupun lulus cepat itu bukan menjadi penentu sukses atau tidaknya kita nanti. setiap orang punya cara dan jalan yang berbeda menuju kesuksesannya. Kita hanya perlu fokus dengan apa yang sedang kita jalani saat ini.

Menurut saya, mengulang mata kuliah yang gagal bukan merupakan suatu hal yang buruk. Karena apa? Didalam diri kita ada kemauan tinggi yang muncul untuk memperbaiki sebuah kesalahan, dan juga ada rasa tanggung jawab untuk kesalahan yang sudah dilakukan ketika mendapat nilai yang buruk sebelumnya. Bukan termasuk hal buruk jika kita dalam tujuan memperbaiki sebuah nilai.