Mengisi Waktu Luang dengan Menjahit

Mudah bagi beberapa orang untuk menemukan pakaian yang sesuai dengan bentuk, desain, dan bahan yang diinginkan. Contohnya saja pemain basket Yao Ming dengan ukuran tubuh sangat besar menuntutnya untuk memiliki penjahit pribadi karena tidak ada ukuran umum pakaian sesuai dengan tubuh yang dimilikinya. Selagi dalam situasi pandemi, pemerintah Indonesia memiliki program kampung tangguh, hal tersebut mengupayakan setiap warga untuk dapat berdaya dari sisi kebutuhan pokok kehidupan. Salah satu pokok kehidupan adalah tercukupinya sandang. Apakah kemampuan menjahit bisa dipelajari dan dapat mengisi waktu luang dengan baik?

2 Likes

Kegiatan menjahit dikenali sebagai salah satu alat untuk menguji keteraturan seseorang. Dikutip dari salah satu pamflet National Federation of Women’s Institutes Public Affairs Department of England kain dapat memberikan stimulasi pada bagian perekaman ingatan, sehingga seseorang dengan kemampuan menjahit (khususnya tangan) baik biasanya mampu memiliki keteraturan. Masyarakat saat ini sedang dihadapi dengan adanya pandemi COVID-19 sehingga seluruh kegiatan berbasis rumahan dan dipadatkan sesuai fungsi. Momen seperti ini memberikan ruang untuk melakukan kegiatan rumahan lain seperti menjahit.

Secara khusus salah satu manfaat dari menjahit yang pada sisi kesehatan yaitu untuk mengurangi resiko terjadinya demensia pada usia tua. Seseorang dengan demensia memiliki rasa nyaman dengan adanya sesuatu di tangan mereka. Oleh karena itu, membiasakan diri melakukan kegiatan yang perlahan dan teratur seperti menjahit akan membantu mengurangi terjadinya demensia. Salah satu contoh kreativitas menjahit adalah fidget quilts atau selimut aneka ragam.

People with dementia often find comfort in having something for their hands to do, especially those that are staying in an unfamiliar hospital or care home. Fidget quilts can help those with dementia feel calm while also keeping them occupied.


Sumber: clhgroup.co.uk

Menjahit fidget quilts membutuhkan kreativitas dan ketelatenan, bentuk dari hasil jahitan adalah selimut dengan beberapa petak yang berbeda jenis kain dan corak. Meski terlihat seperti sulam tambal, menjahit fidget quilts menurut White (2017) memberikan kesempatan untuk seseorang melakukan kombinasi teknik menjahit sehingga dapat mengembangkan ingatan dan kreativitas.

Since these interactive textiles are meant to stimulate memory, it is important that fidget quilts trigger the senses by using different textures and embellishments as much as possible. They also provide a nice opportunity for you to try your hand at different sewing techniques. You can create your own original fidget quilts or you can use the patterns and ideas created. Jan White (anggota Haywards Heath WI, West Sussex Federation)

Apabila ingin mencoba melatih kemampuan menjahit pada media campuran di bawah ini terdapat cara pembuatan fidget quilts