Apa yang dimaksud dengan tari Jhumar?

tari jhumar

Salah satu seni yang tersebar diseluruh negara yaitu seni tari. Salah satu tarian yang ada yaitu tari jhumar. Apa yang anda ketahui dari tarian ini?

Jhumar atau Jhoomar adalah bentuk hidup dari musik dan tarian yang berasal dari Multan dan Balochistan di wilayah Pakistan , tetapi berkembang di Punjab (Pakistan) & Sandalbar daerah. Ini adalah bentuk lebih lambat dan lebih berirama Bhangra. Jhumar berasal dari Jhum - yang berarti bergoyang. Lagu-lagu membangkitkan kualitas yang mengingatkan bergoyang. Meskipun isi dari lagu-lagu yang bervariasi-mereka biasanya suka dengan lagu-lagu emosional juga. Jhummar adalah tarian ekstasi. Dilakukan secara eksklusif oleh laki-laki, ini adalah fitur umum untuk melihat tiga generasi - ayah, anak dan cucu - menari bersama-sama. Tarian tanpa akrobat. Gerakan lengan hanya dianggap keahlian utama. Jari-jari kaki musik ditempatkan di depan dan belakang dan liku diambil ke kanan, kadang-kadang penari satu tempat tangan mereka di bawah tulang rusuk di sebelah kiri dan menggerakkan tangan dengan tangan kanan.
Jhumar adalah tarian rakyat dilakukan selama musim panen di Punjab. Ini adalah demonstrasi hidup dari kebahagiaan manusia. Tarian ini kebanyakan dilakukan oleh Baluchi dan Saraiki orang Punjab Selatan.