Mengenal pertunjukan Raise the Red Lantern

Pertunjukan balet Raise the Red Lantern adalah pertunjukan tari yang dipentaskan oleh The National Ballet of China asal Tiongkok.

Raise the Red Lantern sebenarnya adalah kisah yang didasari novel Wives and Concubines karya penulis Su Tong dan kemudian diadaptasi ke bentuk film berjudul serupa yang disutradarai oleh sutradara kenamaan, Zhang Yimou.

Film Raise the Red Lantern dirilis tahun 1991 dan sempat memenangkan grand prize di ajang World Film Critics Association di Venice Film Festival ke-44. Cerita berlatar belakang kehidupan di Tiongkok di era 1920-an. Tentang seorang tuan yang menikahi tiga perempuan.

Kisah dibuka dengan perintah sang tuan untuk menyalakan lampion merah untuk menyambut kedatangan seorang wanita muda yang menjadi istri ketiganya. Padahal sang wanita hanya menyimpan cinta pada seorang seniman muda yang bekerja di sebuah grup Opera Peking.

Lakon pertama pun diawali dengan perayaan pernikahan sang tuan dengan istri ketiganya. Pada malam pengantin, sang istri ketiga mencoba menolak tapi apa daya, ia tak kuasa. permainan shadow play dtampilkan sangat apik oleh para ballerina.