Mengenal Perbedaan Hematit dan Magnetit

Magnetit dan hematit adalah dua bentuk bijih besi dari mana besi dapat diekstraksi. Magnetit mengandung zat besi dalam bentuk Fe3O4. Hematit mengandung zat besi dalam bentuk Fe2O3. Perbedaan utama antara magnetit dan hematit adalah magnetit bersifat feromagnetik sedangkan hematit bersifat paramagnetik. Perbedaan utama lainnya yaitu bahwa besi dalam magnetit berada dalam keadaan oksidasi +2 dan +3 sedangkan, dalam hematit, ia hanya dalam keadaan oksidasi +3.

Magnetit dan hematit adalah mineral besi. Keduanya memiliki zat besi dalam berbagai tingkat oksidasi, dan mereka berada dalam bentuk oksida besi. Perbedaan penting lainnya antara magnetit dan hematit adalah magnetit berwarna hitam, tetapi hematit memiliki beragam warna.


Gambar 1 Magnetit dan Hematit

Magnetit adalah oksida besi dengan rumus kimia Fe3O4 sedangkan hematit adalah oksida besi dengan rumus kimia Fe2O3. Besi magnetit dalam keadaan oksidasi +2 dan +3 sedangkan, dalam hematit, ia hanya dalam keadaan oksidasi +3. Inilah perbedaan utama antara magnetit dan hematit. Selain itu, magnetit memiliki kandungan besi lebih tinggi daripada hematit; oleh karena itu, kualitasnya lebih tinggi.

Selain itu, dalam warna juga, ada perbedaan antara magnetit dan hematit. Magnetit berwarna hitam, tetapi hematit memiliki beragam warna. Namun, magnetit memiliki garis hitam, sedangkan hematit memiliki garis coklat kemerahan. Sebagai perbedaan lain antara magnetit dan hematit, hematit adalah komponen karat, tetapi magnetit tidak. Selain itu, ketika mempertimbangkan sifat magnetik dari dua mineral, magnetit adalah magnet yang kuat secara alami, tetapi dalam hematit, magnet terjadi pada pemanasan. Selain itu, satu perbedaan lain antara magnetit dan hematit adalah strukturnya. Hematit memiliki struktur kristal rhombododecahedral sementara, magnetit umumnya menunjukkan struktur kristal oktahedral.

Cara Memisahkan Magnetit dari Hematit

Magnetit dan hematit dapat dipisahkan satu sama lain menggunakan sifat magnetiknya. Magnetit bersifat feromagnetik dan hematit bersifat paramagnetik. Oleh karena itu, zat ini dapat dipisahkan menggunakan metode pemisahan magnetik intensitas rendah. Di sini, pemisah magnetik gulungan terinduksi dengan medan magnet dengan intensitas 0,04 Tesla digunakan.

Diagram di atas menunjukkan bagaimana pemisahan dilakukan oleh pemisah magnetik. Dalam metode ini, campuran magnetit dan hematit diumpankan ke pemisah dari atas. Partikel magnetit ditempelkan pada gulungan terinduksi, tetapi partikel hematit tidak disematkan karena medan magnet intensitas rendah di sini tidak cukup bagi partikel hematit untuk menempel pada gulungan. Oleh karena itu, partikel hematit bebas jatuh ke dalam wadah. Partikel yang disematkan dikumpulkan dengan mengeluarkannya dari gulungan menggunakan sikat.

Referensi:
mort-sure.com
perbedaan.budisma.net